3 Rekomendasi Pengawet Kayu yang Aman, Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Penggunaan produk pengawet kayu aman yang memiliki kualitas baik serta ramah lingkungan adalah hal yang baik dilakukan. Bukan hanya memberikan dampak yang baik pada lingkungan, kayu yang diawetkan juga dapat lebih terjaga kualitasnya.

Keamanan aplikator saat melakukan kegiatan pengawetan kayu juga perlu menjadi perhatian. Dengan pemilihan produk yang tepat, seluruh variable berupa kualitas produk, keamanan, dan ramah lingkungan dapat terpenuhi.

Baca juga : Pentingnya Melakukan Pengawetan Kayu Jati Belanda

Permasalahan yang Kerap Mengintai Penggunaan Kayu

kayu lapuk, perlu perawatan pengawet kayu

Sebagai bahan alami, kayu menjadi bahan krusial yang sudah sering digunakan untuk untuk berbagai kebutuhan. Kayu diandalkan untuk banyak kebutuhan. Terutama pada sektor konstruksi serta perabotan rumah tangga yang digunakan sehari-hari.

Banyaknya potensi pemanfaatan kayu tersebut membuatnya memiliki peran penting. Namun, meski sangat berperan penting kayu tetaplah termasuk bahan alami yang dapat rusak karena faktor alami. Terlebih dengan pengolahan maupun penggunaan yang tidak benar, membuat kerusakan kayu dapat lebih cepat terjadi.

Permasalahan yang paling sering terjadi pada kayu adalah adanya serangan jamur dan  hama lainnya. Kerusakan akibat hal ini bisa menyebabkan tampilan dan nilai jual kayu yang mengalami penurunan.

Ketahanan dan keawetan setiap jenis kayu memang berbeda-beda. Namun bukan berarti kayu dengan kekuatan dan keawetan kelas I tidak akan pernah rusak dan bebas dari resiko serangan hama maupun jamur.

Dari beberapa permasalahan tersebut, Anda dapat mengatasinya melalui beberapa cara. Melakukan perawatan sederhana dengan membersihkan dan melindungi kayu dari kotoran setiap hari . Misalnya, pada mebel kayu di rumah yang bisa Anda bersihkan setiap hari menggunakan lap kering atau kemoceng.

Namun, untuk mendapat hasil lebih maksimal ada acara yang lebih ampuh untuk dilakukan. Anda dapat menggunakan produk pengawet kayu. Anda harus mampu memilih dengan cermat agar menemukan produk yang kualitasnya terjamin.

Perhatikan kandungan bahan aktifnya saat Anda membeli bahan pengawet. Pastikan bahan pengawet kayu aman untuk diaplikasikan dengan hasil perawatan yang optimal. Jangan sampai produk pengawet kayu yang Anda aplikasikan justru memberikan dampak buruk pada kayu.

Baca juga : Ini Dia 3 Contoh Bahan Pengawet Kayu untuk Fungsi yang Berbeda

Rekomendasi Bahan Pengawet Kayu Aman

produk biocide untuk mengatasi jamur, lumut dan serangga

Untuk menggunakan bahan pengawet, Anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai sisi apa yang ingin dirawat. Apakah serangan serangga, atau serangan jamur.

Setiap perawatan dapat dilakukan menggunakan bahan yang berbeda-beda dan disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan perawatan.

Baca juga : Mengenal Pengawet CCA (Chromate Copper Arsenate)

Bahan Pengawet Kayu untuk Atasi Lumut dan Jamur

Biocide Surface Film Preservative untuk atasi jamur permukaan

Jamur dan lumut yang kerap muncul pada permukaan kayu menjadi sumber permasalahan pada kayu. Kemunculan organisme pengganggu ini terjadi lebih sering pada saat musim hujan atau pada lokasi penyimpanan serta pemakaian yang lembab.

Kemunculan organisme pengganggu ini tentu saja akan mempengaruhi kualitas kayu jika tidak segera diatasi. Anda perlu menggunakan produk fungisida berkualitas yang mampu mengatasi lumut dan jamur dengan optimal yaitu Biocide Surface Film Preservative (SFP).

Mengandung bahan aktif Diuron dan Carbendazim Calcium bis (dodecybenxenesulfonate), produk ini sangat efektif digunakan untuk membasmi jamur dan lumut. Kemunculan organisme pengganggu pada permukaan kayu dapat diatasi hingga ke akarnya dengan penggunaan Biocide Surface Film Preservative.

Biocide SFP yang termasuk produk water based ini adalah produk yang aman dan ramah lingkungan untuk digunakan. Anda hanya perlu menggunakan air sebagai bahan pelarutnya, dan dapat langsung diaplikasikan ke media.

Baca juga : Daftar Jenis Bahan Aktif Fungisida dan Bakterisida

Mengatasi Masalah Substrat Kayu dengan Mudah Menggunakan Biocide Wood Fungicide

Biocide Wood Fungicide untuk lumut dan jamur blue stain yang ada dalam kayu

Jamur bukan hanya muncul dan merusak tampilan kayu pada permukaannya saja,. Ada jenis jamur yang muncul pada substrat kayu. Kerusakan pada substrat kayu dapat mempengaruhi tampilan estetika kayu. Hal ini tentu sangat perlu untuk dicegah dan diatasi agar kondisi substrat kayu tetap terjaga dengan baik. Anda dapat menggunakan Biocide Wood Fungicide untuk mengatasi permasalahan ini.

Kerusakan pada substrat kayu dapat disebabkan oleh beberapa jenis jamur, yaitu jamur blue stain, white stain, dan black stain. Ketiga jenis jamur tersebut dapat diatasi dengan menggunakan Biocide Wood Fungicide yang mengandung Methylene Bis Tiosianate (MBT) dan 2-thiocyanomethyl thiobenzothiazole (TCMBT). Kombinasi kandungan bahan aktif tersebut biasa diandalkan untuk kebutuhan pestisida kayu.

Baca juga : Anti Jamur yang Bagus untuk Treatment Pengawetan Kayu

Pengawet Kayu Aman untuk Cegah dan Atasi Aneka Jenis Hama

Biocide Insecticide untuk mengatasi serangga

Bukan hanya kemunculan jamur atau lumut yang menjadi permasalahan pada penggunaan media kayu. Melainkan juga adanya serangan dari serangga yang menyerang kayu seperti rayap, kumbang bubuk, dan lain sebagainya.

Kondisi lingkungan yang lembab dapat menjadi pemicu terjadinya kemunculan serangga untuk dapat merusak kayu. Terlebih, dengan adanya kandungan selulosa yang tinggi pada kayu, pemicu kemunculan serangga perusak jadi lebih tinggi.

Untuk mencegah dan mengatasi kerusakan pada kayu, Anda dapat mengandalkan insektisida dari Biocide Insecticide. Produk ini diformulasikan dengan kandungan Cypermthrine 100 Ec sebagai bahan aktifnya.

Kemampuannya dalam membasmi berbagai jenis serangga tidak perlu diragukan lagi. Bekerja dengan metode racun kontak, pengendalian hama dan perawatan kayu dapat dilakukan dengan lebih optimal.

Seluruh produk Biocide adalah produk bahan pengawet yang water based, cukup menggunakan air sebagai bahan pelarutnya. Pengaplikasiannya dapat dilakukan pada seluruh jenis kayu dan media sejenisnya. Seperti bambu, rotan, dan material serat alam lainnya.

 

Di Manakah Anda Bisa Menemukan Produk Pengawet Kayu Aman?

Biocide

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi kami melaui e-mail di [email protected]

Anda juga dapat membeli seluruh varian produk dari PT Bio Industri Omnipresen secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

marketplace tokopedia bio

marketplace bukalapak bio

marketplace shopee bio

 

Leave a Comment