5 Tips Membuat Lemari Anti Rayap Murah untuk Pengrajin Mebel

Lemari anti rayap pun bisa dibuat dengan harga murah. Berikut ini caranya yang bisa Anda simak dan ikuti satu per satu!

Membangun usaha sendiri ialah cita-cita banyak orang. Salah satu bidang usaha yang menarik digeluti dengan prospek menjanjikan adalah usaha pembuatan furniture. Modalnya memang tidak begitu murah. Akan tetapi, Anda bisa memulai dengan biaya di bawah 10 juta. Tentu saja dengan usaha yang terbilang kecil.

Pada mulanya, Anda mungkin harus menjual meja-meja belajar untuk anak saja. Atau rak dinding bagi para mahasiswa. Namun bila Anda konsisten, maka pelan-pelan usaha Anda pasti akan berkembang.

Namun, strategi yang tepat jelas juga harus diterapkan. Salah satunya dengan memastikan produk Anda memiliki kualitas yang unggul. Ya, sebab persaingan di bidang usaha mebel pun cukup ketat. Anda perlu menunjukkan keunggulan yang tidak dimiliki oleh pelaku sauah yang lainnya. Contohnya saja dengan membuat almari tahan rayap.

Perlunya Membuat Lemari Anti Rayap

Lemari adalah salah satu jenis mebel yang sangat diminati. Penggunanya banyak (semua orang) dan jenisnya pun beragam. Bila Anda ingin memproduksi furniture yang laris, silahkan buat lemari yang sekiranya dibutuhkan. Dan apabila memungkinkan buatlah almari yang punya termite resistant.

Sebagian dari Anda mungkin berpikir bahwa almari seperti itu pastilah mahal. Pasalnya, komponen utama pembuatan almari haruslah merupakan kayu premium atau berkualitas tinggi. Padahal, kenyataannya tidak demikian.

Sifat termit resistant juga bisa diwujudkan dengan cara yang lain. Dua di antaranya adalah aplikasi finishing (dengan cat dan tempel) serta pengawetan kayu. Cara-cara tersebut akan dijelaskan di bawah ini.

3 Kiat Membuat Lemari Anti Rayap

1. Gunakan Kayu Murah, Awetkan

Pengawetan adalah proses atau usaha untuk membuat kayu lebih tahan lama. Umumnya, pengawetan dilakukan dengan meresapkan zat antihama pada substrat kayu.

Pada masa lalu, orang menggunakan oli supaya kayu tidak dimakan rayap. Pada zaman sekarang, telah ada obat yang sangat efektif digunakan untuk kebutuhan ini, BioCide Insecticide.

Kumbang Perusak Kayu

Penggunaan obat pengawet kayu yang bagus terbukti bisa membuat sengon bertahan hingga 90 tahun. Secara rerata, pengawetan pun mampu menaikkan 5 hingga 15 kali lipat masa pakai normalnya.

Nah, untuk membuat lemari anti rayap yang murah, Anda bisa menggunakan kayu yang terjangkau. Kayu-kayu seperti itu umumnya memiliki kelas awet III, IV, dan bahkan V.

Awetkan kayu sebelum difinishing. Gunakan BioCide Insecticide dengan cara dijadikan larutan perendam kayu atau dengan dikuaskan. Metode ini akan membuat kayu kelas awet rendah Anda meningkat ketahanannya serupa kayu kelas II.

2. Aplikasikan Cat yang Bagus

Keawetan produk kayu juga dipengaruhi oleh finishing yang diaplikasikan. Bila Anda hendak mengecat produk kayu tersebut, maka usahakanlah menggunakan cat yang bagus. Cat idealnya tidak mudah rusak dan sesuai dengan penempatan produk.

Misal, untuk produk kayu outdoor, gunakanlah cat outdoor. Sedangkan untuk produk kayu indoor, Anda bisa menggunakan cat indoor ataupun outdoo. Harga cat yang bagus memang lebih mahal. Namun pembeliannya masih lebih hemat dibandingkan bila kita membeli kayu-kayu kelas awet tinggi yang harganya teramat mahal.

3. Aplikasikan Finishing Tempel dengan Benar

Bagaimana bila Anda tidak ingin mengecat kayu dengan cat, melainkan hendak menerapkan finishing tempel? Finishing tempel adalah finishing yang dilakukan dengan lembaran dekoratif seperti HPL dan veneer. Sama seperti lapisan cat, lembaran tersebut sebetulnya bukan hanya bersifat memperindah, namun juga bisa memberikan perlindungan.

Karena itu, usahakanlah menerapkan finishing tempel dengan benar. Cari HPL atau veneer yang kualitasnya baik. Setelah itu, rekatkan menggunakan lem yang stabil dan tidak mudah lepas. Pemakaian lem yang mudah lepas sangat berbahaya sebab kayu yang terekspos bisa langsung dijadikan sasaran empuk oleh para rayap.

Kami Sedia BioCide Insecticide untuk Anda

Untuk kebutuhan pengawetan kayu antiserangga, kami menghadirkan BioCide insecticide di antiserangga.com. Tentu ada alasannya kenapa produk ini dengan sungguh-sungguh kami tawarkan kepada Anda.

lemari anti rayap

Sebab BioCide Insecticide memang memiliki berbagai keunggulan untuk mewujudkan lemari anti rayap. Berikut ini beberapa keunggulan BioCide Insecticide:

  1. Bekerja dengan sangat efektif memproteksi kayu, baik kayu solid ataupun engineered wood
  2. Stabil dan sangat tahan lama memberikan perlindungan
  3. Tidak menyebabkan karat atau kesulitan finishing pada kayu
  4. Mudah digunakan dengan berbagai metode pengawetan kayu dari sistem rendam hingga kuas
  5. Hemat dan konsentrasinya juga tinggi

Sangat menarik bukan? Adapun data teknis BioCide Insecticide adalah sebagai berikut:

  1. Bahan Aktif : cypermethrine 100 EC
  2. Formula: Emulsifible Consentrate (EC)
  3. Toksikologi LD 50 Oral (tikus) 2308 mg/kg BB
  4. Toksikologi Dermal (tikus) > 7120 mg/kg BB
  5. Sistem kerja : merupakan insektisida racun kontak dan juga lambung
  6. Korosifitas : Tidak korosive (tidak menyebabkan karat)
  7. Kelas bahaya : II (bahaya)
  8. Stabilitas zat: hingga 2 tahun

Informasi Lebih Lanjut

Ingin bertanya lebih lanjut mengenai BioCide Insecticide? Apabila iya, silahkan hubungi kami lewat kontak email, WA, atau telepon yang tercantum di situs ini. CS kami siap memberikan segala jawaban yang Anda butuhkan.

Pemesanan

Untuk pemesanan, Anda bisa melakukannya secara daring (online) atau secara langsung.

  1. Pemesanan secara daring: bisa dilakukan dengan pesan ke CS antiserangga.com secara langsung, atau membeli ke online shop yang menyediakan produk ini. Bila Anda membeli di online shop, pastikan Anda membeli produk yang asli.
  2. Pembelian secara langsung: bisa dilakukan dengan mengunjungi Bio Service Point serta agen-agen Bio Industries. Alamat Bio Service Point ialah di Yogya, Jepara, dan Cirebon. Sedangkan agen kami telah tersebar ke berbagai pulau di Indonesia. Hubungi CS untuk informasi agen yang paling dekat dengan Anda.

Penutup

Dari penjelasan di atas, kita bisa menyimpulkan beberapa hal sebagai berikut.

  1. Usaha pembuatan mebel merupakan usaha yang cukup menjanjikan. Meski Anda memulainya dengan modal kecil, bila Anda konsisten, usaha Anda bisa berkembang dengan baik. Apalagi di negara di mana pasarnya sedang tengah berkembang seperti Indonesia.
  2. Namun, supaya tidak kalah saing, kualitas produk jelas perlu sekali untuk ditingkatkan. Salah satunya peningkatan kualitas ketahanan pada rayap.
  3. Banyak mungkin yang kemudian berpikir bahwa biaya untuk membuat lemari anti rayap sangat mahal. Sebab kayu yang tahan rayap memang tak murah.
  4. Padahal kenyataannya tidak demikian. Agar sebuah furniture memiliki sifat termite resistant yang baik, usaha yang bisa dilakukan juga mencakup aspek pengawetan dan pengecatan.
  5. Untuk membuat lemari yang tahan rayap, silahkan aplikasikan BioCide Insecticide untuk treatment preservasinya, dan lakukan pengecatan dengan bahan yang berkualitas dan metode yang baik.

Semoga informasi ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk selalu menggunakan BioCide Insecticide.

Leave a Comment