Bahan Pengawet Bambu untuk Bebagai Kebutuhan Kontruksi Bambu

Masyarakat pedesaan sangat akrab dengan bambu dan menggunakannya sebagai bahan bangunan dan peralatan sehari-hari. Masyarakat perlu mengetahui bahwa sebelum dikontruksi bambu perlu diawetkan menggunkan bahan pengawet bambu yang berkualitas agar masa pakai panjang.

Bambu tergolong keluarga Gramineae (rumput-rumputan) disebut juga Giant Grass (rumput raksasa), berumpun dan terdiri dari sejumlah batang (buluh) yang tumbuh secara bertahap, dari mulai rebung, batang muda dan sudah dewasa pada umur 4-5 tahun. Batang bambu berbentuk silindris, berbuku-buku, beruas-ruas berongga kadang-kadang berdinding keras, pada setiap buku terdapat mata tunas atau cabang. Pada buku akan ditumbuhi oleh serabut dan tunas yang dapat tumbuh menjadi batang.

promo produk natural oil dan sanding sealer

Baca Juga : jangan gunakan solar sebagai bahan pengawet bambu, ini alasannya

Dari kurang lebih 1.000 species bambu dalam 80 genera ditemukan di Asia Tenggara, sedangkan di Indonesia ditemukan sekitar 60 jenis. Tanaman bambu Indonesia ditemukan di dataran rendah sampai pegunungan dengan ketmggian sekitar 300 mdpl. Pada umumnya ditemukan di tempat-tempat terbuka dan daerahnya bebas dan genangan air.

Dalam kehidupan masyarakat pedesaan di Indonesia, bambu memegang peranan sangat penting. Bahan bambu dikenal oleh masyarakat memiliki sifat-sifat yang baik untuk dimanfaatkan, antara lain batangnya kuat, ulet, lurus, rata, keras, mudah dikerjakan serta ringan sehingga mudah diangkut. Selain itu bambu juga relatif murah dibandingkan dengan bahan bangunan lain karena banyak ditemukan di sekitar pemukiman pedesaan. Bambu menjadi tanaman serbaguna bagi masyarakat pedesaan.

Baca Juga : bahan pengawet yang bagus untuk kerajinan pelepah pisang

promo produk biocide surface film preservative

Bambu dalam bentuk bulat dipakai untuk berbagai macam kontruksi seperti rumah, gudang, jembatan, tangga, pipa saluran air, tempat air, serta alat-alat rumah tangga. Dalam bentuk belahan dapat dibuat bilik, dinding atau lantai, reng, pagar, kerajinan dan sebagamya. Rangka atap bambu dan dinding anyaman bambu merupakan aplikasi bambu yang populer pada rumah-rumah tradisional. Beberapa jenis bambu akhir-akhir ini mulai banyak digunakan sebagai bahan supit, alat ibadah. Serta barang kerajinan, peralatan dapur, topi, tas.

Bambu yang dikuliti khususnya dalam keadaan basah mudah diserang oleh jamur biru dan bulukan. Sedangkan bambu bulat utuh dalam keadaan kenng dapat diserang oleh serangga bubuk kering dan rayap kayu kering. Maka sebelum bambu dikontruksi menjadi bangunan rumah maupun kerajinan, diperlukan obat pengawet bambu yang dapat mencegah serangan serangga-serangga tersebut.

pengawet bambu
Bambu dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan tahan gempa. Sebelum kontruksi bambu untuk bangunan jenis ini harus diawetkan terlabih dahulu dengan pengawet bambu yang berkualitas.

Pengawet Bambu Anti Kumbang Bubuk Yang Berkualitas

Pengawetan dilakukan untuk memperpanjang masa pakai bambu. Pengawetan bambu secara modern, artinya menggunakan bahan kimia, untuk mengindari serangga perusak kayu. Agar sesuai dengan konsep green building, pengawetan bambu juga harus menggunakan pengawet yang ramah lingkungan juga. BioCide Insecticide adalah produk yang cocok, dapat larut dalam air sehingga relatif ramah lingkungan.

Produk BioCide Insecticide dapat menjadi referensi apabila Anda hendak mendirikan bangunan bambu. Berbahan aktif cypermethrine 100 EC, bahan ini dapat menjadi penangkal untuk menghilangkan rayap pada kayu bambu. BioCide  Insecticide didesain untuk mencegah serangan kumbang bubuk, teter, rayap, dan berbagai serangga hama lainnya. Produk ini bersifat neurotoksik sehingga mampu bekerja sangat efektif. Aplikasi bahan ini mudah, murah, dan relatif aman bagi pekerja dibanding insektisida lain. Sebuah bahan kimia yang diformulasikan dengan kemampuan dan daya sebar luas.

Kemampuan Unik BioCide Insecticide

Kemampuan unik dari BioCide insecticide ini, tidak hanya pada masa pengolahan kayu. Lebih dari itu, juga dapat digunakan untuk pemeliharaan bangunan yang mengunakan kayu bambu sebagai kerangka kontruksi yang  bertujuan untuk mengantisipasi datangnya rayap tanah. Produk pengawet bambu BioCide tersebut cukup di siramkan pada pojok-pojok lantai, kerangka bangunan dan dapat diaplikasian dengan system vakum tekan, spray, kuas, hingga rendam.

promo produk white agent wa-250