Mengenal Common Furniture Beetle

Common furniture beetle adalah salah satu jenis serangga perusak kayu yang harus diwaspadai. Bila tidak, Anda harus siap dengan kerugian besar yang menghadang.

Penampakan Common Furniture Beetle_edit
Penampakan Common Furniture Beetle

Common furniture beetle atau yang bila diartikan literal menjadi kumbang furniture umum adalah salah satu jenis kumbang pengebor kayu. Sebagaimana serangga pengebor lain, kumbang ini bisa menyebabkan kerusakan parah pada kayu. Fase paling destruktif adalah ketika berbentuk larva. Kumbang yang memiliki nama ilmiah Anobium punctatum ini tubuhnya coklat dan berbentuk elips, panjang tubuh rerata 2.7-4.5 mm.

Siklus Hidup

Kumbang furniture yang sudah dewasa tidak pernah memberi makan anakannya. Ketika bertelur, induk kumbang meletakkan telur-telurnya di dalam substrat kayu. Serangga ini memanfaatkan celah pada kayu untuk memasukkan telur tersebut. Setelah menetas, larva yang dihasilkan memakan material tersebut. Aktivitas ini secara berangsur membuat kayu keropos dengan “terowongan” yang terbentuk, dalam waktu bisa bertahun-tahun. Kumbang furniture menyelesaikan fase larva dalam 3 hingga 4 tahun dari keseluruhan masa hidupnya. Maka, selama itu pulalah, dia akan terus menggerogoti kayu.

Penanganan

Meski keberadaan kumbang ini tidak mencakup wilayah Indonesia, akan tetapi antisipasi serangan kumbang ini tidak akan sia-sia bila diterapkan. Produk kayu yang sudah ditreatment dengan anti serangga pembasmi common furniture beetle bisa dipromosikan dengan harga jual lebih tinggi. 

Prinsip treatment anti serangga yang dilakukan sendiri pada dasarnya sama seperti antisipasi hama lain. Sebagaimana organisme lain, common furniture beetle hanya bisa hidup bila lingkungannya mendukung. Karenanya, langkah pencegahan yang diusahakan harus bisa membuat kondisi kayu/furniture tidak sesuai dengan kebutuhannya. 

Jenis Insektisida yang Tepat untuk Penanganan Common Furniture Beetle

Cara kerja insektisida racun kontak seperti yang berbahan aktif permethrin
Cara kerja insektisida racun kontak seperti yang berbahan aktif permethrin

Jenis insektisida yang banyak direkomendasikan untuk common furniture beetle biasanya yang memiliki bahan aktif permethrine. Senyawa sintetis racun kontak tersebut terbukti efektif membasmi serangga ini dan berbagai serangga lain karena termasuk antiserangga spektrum luas. Permethrine memiliki sifat neurotoxic atau mampu merusak syaraf serangga. Namun, bahan ini relatif aman untuk manusia. Permethrine juga sulit meresap pada kulit manusia, karena itulah penggunaan bahan ini cenderung aman. (*)

alterntif text

Rekomendasi Produk Anti Serangga Spektrum Luas untuk Cegah Common Furniture Beetle

Permethrine 125 EC.
Permethrine 125 EC.

Permethrine 125 EC adalah anti serangga dengan bahan aktif permethrine. Insektisida ini cocok untuk mengawetkan kayu dari berbagai serangan hama berdarah dingin, termasuk kumbang furniture umum atau common wood beetle. Insektisida neurotoxic ini juga bisa dilarutkan dengan air maupun solvent sehingga penggunannya fleksibel mengikuti kebutuhan pengguna. 

Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan Permethrine 125 EC, silahkan hubungi Customer Care kami di +62.274.388.301 dan email di [email protected]

 

Mengenal Common Furniture Beetle

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply