Kelebihan dan Kekurangan Kayu Kaso yang Sering Jadi Material Konstruksi

Sebagai salah satu jenis kayu yang sering digunakan dalam pembangunan, tentu ada kelebihan dan kekurangan kayu kaso. Selayaknya aneka jenis kayu lainnya, ada beberapa hal yang menjadi perhatian terkait karakteristiknya.

Jika Anda ingin terus dapat menggunakannya hingga jangka waktu pemakaian lebih lama, suatu kewajiban bagi Anda untuk memahami karakternya. Ketahui apa saja kelebihannya lalu olah agar dapat mendukung pemakaian. Begitu pula dengan kekurangannya yang harus Anda olah atau bahkan Anda hindari.

Apa itu Kayu Kaso?

Kayu Kaso

Baca Juga : Perbedaan Kayu Kaso, Balok, Papan, dan Reng

Saat melakukan pembangunan, tentu ada banyak aspek yang perlu diperhatikan. Hal tersebut berkaitan dengan harapan agar proses pembangunan yang sedang berlangsung dapat berjalan dengan baik.

Mendapatkan hasil yang baik dan sesuai harapan dari sebuah pembangunan tentu akan sangat berkaitan dengan komponen yang terlibat di dalamnya. Termasuk pemakaian bahan dan peralatan yang digunakan.

Oleh karena itu, melakukan pembangunan dengan melibatkan material yang berkualitas merupakan faktor yang sangat penting. Dalam kegiatan konstruksi sendiri, penggunaan kayu kaso juga sering diandalkan.

Kaso merupakan gabungan dari beberapa jenis kayu. Biasanya terdiri dari kayu jati, kayu kamper, kayu meranti, ataupun kayu borneo. Gabungan dari aneka jenis kayu tersebut akan berpengaruh pula pada tingkat kekuatan dari kayu kaso.

Pada umumnya kayu kaso memiliki kekuatan yang baik karena berasal dari gabungan kayu-kayu berkualitas.

Memiliki Banyak Manfaat

atap dari Kayu Kaso

Keberadaan kayu kaso tentu memberikan berbagai manfaat penting terutama untuk kebutuhan konstruksi. Meskipun saat ini trend penggunaan baja hollow sebagai bahan konstruksi semakin marak. Namun, minat dari penggunaan kayu juga masih tinggi.

Kayu masih sering dimanfaatkan untuk menjadi rangka utama bangunan. Hal ini berkaitan dengan tingkat fleksibilitasnya dan kemudahan untuk memperolehnya.

Atas dasar ini pula, penggunaan kayu kaso menjadi opsi yang banyak dipilih. Terutama untuk kebutuhan konstruksi bangunan.  Kayu kaso dianggap sebagai opsi bahan konstruksi yang fleksibel. Baik dari segi harga, ketersediaan, kemudahan pengolahan, hingga kualitasnya.

Tentunya jika berbicara mengenai kebutuhan material untuk rangka bangunan, Anda tidak boleh memilih bahan yang sembarangan. Wajar jika harus mengeluarkan biaya sedikit lebih mahal demi menjaga kualitas.

Kaso pada umumnya dapat digunakan untuk menjadi bahan utama pembuatan plafon maupun rangka bangunan. Ukuran kayu ini tergantung dari jenis kayu utama yang digunakan.

Misalnya, ukuran kaso meranti seharga Rp. 41.000 untuk ukuran 5 x 7 x 400 cm. Kayu kaso banyak digunakan karena memiliki berbagai manfaat. Seperti:

  1. Dapat membantu mempermudah proses pembangunan karena bobotnya ringan.
  2. Menghemat biaya pembangunan
  3. Memiliki ketahanan yang baik karena berasal dari jenis-jenis kayu kuat
  4. Mampu digunakan untuk menopang bobot dari suatu bangunan.

Meski demikian, sama halnya dengan jenis kayu lainnya kaso juga memiliki berbagai keunggulan dan kelemahan.

Kelebihan dan Kekurangan Kayu Kaso

Kayu Kaso 4 x 6

Seperti karakter kayu pada umumnya, kaso juga memiliki berbagai keunggulan serta kelemahannya sendiri.

Beberapa hal mengenai keunggulan kayu kaso di antaranya:

  • Termasuk jenis kayu yang mudah diterapkan pada setiap jenis bangunan. Dalam proses pengerjaannya, tidak memerlukan banyak peralatan rumit. Untuk menyatukan potongan kayunya agar dapat dengan tertempel erat, hanya membutuhkan peralatan umum. Hanya butuh paku, palu dan gergaji.
  • Kuat untuk bahan penopang.
  • Memiliki ketahanan yang baik terhadap rayap. Karena pada proses produksinya sudah melewati proses anti rayap.
  • Tahan lama untuk digunakan.
  • Bobotnya ringan, sehingga mudah untuk diaplikasikan. Termasuk dalam kebutuhan pembangunan.
  • Dapat membantu menghemat biaya, karena bobotnya ringan namun memiliki ketahanan bagus.
  • Jika digunakan untuk kegiatan konstruksi tidak butuh banyak tukang.

Sementara itu, ada beberapa hal lainnya yang juga harus diperhatikan karena menjadi kekurangan kayu kaso. Seperti:

  • Kaso merupakan kayu musiman. Kayu ini akan mudah ditemukan saat ada banyak pesanan dari kontraktor dengan kondisi kayu yang sedang tidak banyak tersedia karena musim. Pada kondisi tersebut maka lonjakan harga akan terjadi dan menimbulkan biaya penggunaan kayu lebih tinggi.
  • Sulit menggunakan kaso sebagai komponen utama pada konstruksi dengan konsep minimalis modern. Karena penggunaan kaso justru akan membuat tampilan yang sarat dengan kesan kuno atau lawas. Lebih cocok digunakan bagi yang sengaja mengusung konsep hunian dengan nuansa lawas yang alami.
  • Berpotensi cepat rusak karena terkena serangan rayap. Pemakaian kayu kaso artinya harus selalu dibarengi dengan pengaplikasian bahan anti rayap. Sebagian besar jenis kayu yang digunakan untuk pembuatan kaso memang sudah ditreatment dengan bahan anti rayap. Tapi jika tidak, maka resiko kerusakan kayu akan semakin besar. Hal tersebut tentunya akan berdampak pada keamanan dari bangunan yang dibuat dengan material kaso.
  • Meski penggunaan kayu tetap dapat di daur ulang, tetap saja pemakaian kayu bukanlah hal yang ramah lingkungan. Setiap penggunaan kayu berarti sama dengan pengurangan jumlah pohon yang ada di bumi. Itulah sebabnya saat ini semakin banyak penggunaan baja sebagai material konstruksi. Karena dianggap lebih sesuai dengan konsep ramah lingkungan serta dapat lebih tahan lama untuk digunakan.

Itulah beberapa informasi mengenai kelebihan dan kekurangan kayu kaso. Bagi Anda yang ingin menggunakan kayu kaso untuk kebutuhan material konstruksi, semoga informasi ini dapat menjadi bahan pertimbangan.

Di Manakah Anda Bisa Menemukan Produk Anti Rayap untuk Kayu Kaso?

Biocide

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, bisa melaui e-mail di [email protected]

Anda juga dapat membeli seluruh varian produk dari PT Bio Industri Omnipresen secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini.

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik Di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya

      Leave a Comment

      Your email address will not be published.