Mengenal Asal Usul dan Kualitas Kayu Kamper Agar Anti Rayap,

Kayu kamper anti rayap merupakan kayu yang dihasilkan dari pohon kamper. Pohon ini biasanya dapat tumbuh dengan subur pada lingkungan dengan iklim tropis.

Dilihat dari sejarahnya, kamper merupakan pohon yang berasal dari negara-negara di Asia termasuk Indonesia. Meski demikian, banyak juga negara dengan iklim subtropis yang masih mencoba membudidayakannya.

Ketersediaan Pohon Kamper yang Terancam Punah

kamper

Seperti yang sudah disebutkan, pohon kamper berasal dari Asia. Negara tempat tumbuh pohon ini di antaranya adalah Indonesia, India, Taiwan, Jepang, Tiongkok, Vietnam dan juga Korea.

Baca Juga : Dari Karakteristik sampai Harganya, Ini Dia Kayu Kamper!

Namun, beberapa negara subtropis juga masih terus berusaha untuk menumbuhkan pohon ini di wilayahnya. Sebut saja beberapa negara bagian di Amerika Serikat yang akhirnya saat ini sudah berhasil untuk membudidayakan kamper.

Keberhasilan tersebut membuat meraka dapat menurunkan nilai impor kayu kamper untuk berbagai kebutuhan di negaranya. Sebagai salah satu negara tempat pertumbuhan kayu kamper, Indonesia sendiri memiliki habitat khusus untuk penanaman dan pertumbuhan kamper.

Baca Juga : Rekomendasi Obat Jamur Permukaan Di Kayu Kamper

Karena kamper tidak bisa tumbuh dengan mudah di semua pulau. Ada beberapa kondisi khusus yang dibutuhkan. Pulau Sumatera dan Kalimantan menjadi wilayah utama budidaya pohon kamper di Indonesia.

Terbatasnya habitat tumbuh kamper ini pula yang membuat harga kayunya cukup tinggi di pasaran. Karena jumlah yang dihasilkan cenderung terbatas namun kebutuhannya terus meningkat.

Sebagai solusi dari permasalahan tersebut, pemerintah berupaya melakukan beberapa langkah. Di antaranya penggalakan penanaman hingga pengembalian habitat tumbuh kamper semirip mungkin dengan kondisi aslinya.

Baca Juga : Ini Dia 9 Jenis Kayu Paling Wangi dari Indonesia dan Dunia

Menurut International Union for the Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN), kamper merupakan pohon dengan status merah. Artinya, keberadaannya sudah mulai sulit ditemui bahkan terancam mengalami kepunahan.

Untuk mengatasi hal tersebut, saat ini penanaman serta budidaya kamper sudah kembali digalakkan. Harapannya, pertumbuhan pohon kamper dapat terus bertambah jumlahnya dan bisa menyelamatkan kamper dari ancaman kepunahan serta kelangkaan.

Ciri Fisik Kayu Kamper

potongan kayu kamper

Kayu kamper anti rayap ini sering digunakan sebagai pilihan alternatif saat tidak mampu membeli kayu jati. Mengingat harga jati yang lebih mahal dan ketersediaannya terbatas, Anda bisa memilih opsi lain dengan penggunaan kamper.

Untuk mempermudah Anda untuk mengenali kayu kamper saat proses pembelian, ada ciri khusus yang bisa Anda perhatikan. Tampilannya secara fisik memiliki ciri berupa:

  • Pohonnya dapat mencapai tinggi sekitar 20 hingga 30 meter. Lengkap dengan diameter batang pohonnya berkisar 0,8 sampai 1,4 meter.
  • Memiliki aroma khas. Ada aroma harum yang khas dari tanaman ini. Namun untuk beberapa orang, wangi dari kamper cenderung lebih keras dan menusuk.
  • Serat kayunya berpola lurus dengan sedikit gelombang.
  • Tekstur kayu kamper cukup kasar jika diraba.
  • Memiliki warna kayu lebih muda namun mirip dengan warna alami kayu mahoni.
  • Tekstur kayunya mengkilap dan dapat memantulkan cahaya dengan baik.

Bukan hanya bagian batangnya saja yang bisa dimanfaatkan sebagai kayu dari pohon ini. Getah yang dihasilkan dari kamper juga memiliki manfaat. Jika dicampurkan dengan minyak zaitun, getah kamper dapat digunakan untuk pengobatan.

Di antaranya untuk mengatasi keluhan kesehatan seperti:

  • nyeri otot
  • salah urat
  • meredakan sesak napas

Kualitas kayu kamper yang memiliki sifat anti rayap secara alami ini juga tidak diragukan lagi. Baik untuk kebutuhan pembuatan furniture maupun kebutuhan lainnya yang membutuhkan kayu sebagai bahan baku utama.

Meskipun memiliki ketahanan yang baik terhadap rayap, Anda juga tetap dapat melakukan perawatan untuk menjaga kondisinya. Anda dapat mengandalkan produk pengawet kayu dari Biocide Insecticide.

Bukan hanya memberikan perlindungan dari serangan rayap. Produk ini juga akan memberikan perlindungan optimal pada kayu kamper dari serangan berbagai serangga lainnya.

Kenapa Bisa Kayu Kamper Anti Rayap?

kayu kamper anti rayap

Tidak sedikit yang tertarik untuk menggunakan kamper karena kayu ini dikenal memiliki ketahanan yang baik terhadap rayap. Hal tersebut menjadi daya tarik tinggi yang dimiliki oleh kayu kamper.

Tingkat durabilitas yang tinggi dari kayu ini salah satunya dikarenakan aroma dari kayu ini. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu ciri khas dari kamper adalah memiliki aroma yang kuat.

Aroma tersebut tidak disukai oleh rayap, bahkan rayap juga tidak kuat untuk menghirupnya. Bukan hanya itu, kamper memiliki tekstur yang keras dengan pori yang rapat.

Hal tersebut membuat gigi rayap tidak mampu untuk menembus ke dalam kayu. Apalagi hingga dapat menggigit dan mengunyahnya seperti yang biasa dilakukan pada jenis kayu lainnya.

Dengan tekstur kayu yang keras itulah, kondisi kayu kamper dapat tetap terjaga. Kamper tidak mudah hancur dan rusak meskipun terkena pengaruh kelembaban tinggi.

Namun, sekuat apapun kayu ini, Anda tetap harus melapisi kayu kamper anti rayap ini dengan bahan finishing. Lapisi coating untuk menjaga permukaan kamper agar tetap terjaga warna alaminya meskipun sudah lama digunakan.

Serat kayu juga akan lebih terlihat dan mampu menambah nilai estetika dari penggunaan kayu tersebut. Gunakan lapisan coating waterbased seperti Biovarnish agar lebih aman dan ramah lingkungan untuk digunakan.

Itulah beberapa informasi mengenai kayu kamper dari asal usul, ciri hingga kualitasnya. Bagi Anda yang berminat untuk menggunakan kayu anti rayap ini semoga dapat terbantu dengan informasi yang diberikan.

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya

      Leave a Comment

      Your email address will not be published.