Tips Memilih dan Merawat Furniture Outdoor dengan Benar

Agar bisa lebih awet digunakan, ketahui tips memilih dan merawat furniture outdoor yang benar. Mengingat kondisi lingkungan dan faktor eksternal lainnya dapat langsung mempengaruhi furnitur saat disimpan dan digunakan pada area outdoor.

Dibutuhkan proses pemilihan yang tepat dan perawatan ekstra untuk membuat furniture outdoor tetap terjaga dalam kondisi prima. Termasuk saat sudah digunakan dalam jangka waktu lama di area lingkungan terbuka.

Pentingnya Memilih dan Merawat Furniture Outdoor dengan Benar

furnitur patio yang dipasang di area outdoor
Patio outdoor furnitur

Saat akan membeli furniture baik itu untuk kebutuhan indoor maupun outdoor, harus dilakukan pemilihan dengan teliti, material, tampilan, ukuran dan sebagainya. Terlebih, saat Anda akan melakukan pemilihan furniture untuk digunakan pada area outdoor.

Yang tidak kalah penting juga Anda harus mengetahui perawatan yang benar pada furniture tersebut. Jangan sampai asal memilih dan membeli yang sesuai dengan keinginan Anda namun tidak mengetahui perawatannya.

Ada beberapa tips memilih furniture outdoor yang perlu Anda ketahui. Di antaranya yaitu:

  1. Pilih furniture outdoor yang sesuai dengan kebutuhan Anda
  2. Sesuaikan ukuran dan bentuk dengan lokasi penyimpanan serta penggunaan
  3. Pilih material furniture sesuai dengan kondisi dan kebutuhan

Memilih brench panjang sebagai furniture outdoor bisa jadi pilihan yang tepat. Berbeda lagi jika Anda termasuk orang yang menyukai untuk duduk bersantai di sana. Hal tersebut akan cocok dengan pembuatan gazebo beserta area duduk untuk bersantai.

Gazebo bambu artistik

Perhitungkan pula kondisi lingkungan yang akan mengenai furniture secara langsung. Seperti saat matahari sedang terik-teriknya, atau saat hujan dengan kelembaban udara yang tinggi. Maka pemilihan material untuk perabot outdoor sangat penting jadi perhatian.

Anda butuh material yang kuat sekaligus tahan lama untuk digunakan, termasuk saat kondisi lingkungan ekstrem. Pilihan material yang bisa Anda gunakan di antaranya yaitu kayu, rotan, serat alam, bambu, besi, aluminium, hingga plastik. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi area outdoor yang Anda miliki agar keawetan furniture tetap terjaga dengan baik.

Agar semakin menarik, Anda juga harus menyesuaikan tampilannya, ingin lebih ke arah natural atau modern. Hal tersebut dapat membantu Anda untuk memilih material apa yang akan digunakan.

Jika ingin mengedepankan nuansa natural, Anda bisa menggunakan material kayu, bambu, rotan maupun material serat alam lainnya. Namun, jika ingin furniture yang lebih memenuhi konsep modern, Anda bisa menggunakan bahan baku berupa besi, aluminium, plastik, dan lain sebagainya.

Tapi ingat, percuma mempunyai furniture yang menarik tampilannya jika tidak mampu merawatnya. Maka diperlukan pengetahuan mumpuni mengenai cara memilih dan merawat furniture outdoor agar kualitas furniture juga tetap terjaga.

Bagaimana cara merawat furniture outdoor?

furniture kursi jati untuk outdoor
Merawat furniture outdoor kursi jati

Perawatan pada furniture outdoor harus dilakukan dengan rutin agar kondisinya tetap terjaga dengan baik. Sehingga harapan untuk penggunaan dalam jangka waktu lebih lama bisa dicapai.

Ada beberapa tips perawatan furniture outdoor yang bisa Anda terapkan, di antaranya:

  1. Pada furniture berbahan dasar kayu, bambu, rotan dan material alami lainnya sebaiknya dilapisi dengan bahan pengawet kayu secara rutin. Untuk menghindari serangan hama maupun jamur yang sangat besar potensinya untuk terjadi.
  2. Lakukan pengecatan ulang. Baik pada furniture berbahan dasar kayu, besi, maupun lainnya, karena pengecatan merupakan salah satu cara perawatan yang tepat untuk furniture outdoor.
  3. Gunakan cat dan bahan pengawet kayu yang aman dan ramah lingkungan serta memiliki kualitas terbaik. Anda bisa menggunakan Biocide Series untuk kebutuhan pengawetan dan perawatan kayu.
  4. Untuk furniture berbahan dasar rotan, sebaiknya hanya Anda keluarkan di area outdoor saat akan digunakan saja. Jika sudah selesai digunakan, simpan di tempat teduh atau di gudang penyimpanan.
  5. Jangan lupa bersihkan karat yang menempel pada permukaan furniture besi. Lakukan pengampelasan untuk menghilangkan karat. Lalu lapisi kembali dengan cat besi yang berkualitas. Anda bisa menggunakan produk Orchid Enamel Paint, cat besi berkualitas yang juga sudah dilengkapi dengan bahan antikarat.
  6. Jika ingin menggunakan furniture outdoor dari material plastik, rajin-rajinlah untuk membersihkannya. Selain itu, yang sering menjadi masalah adalah warna dari furniture plastik akan cepat pudar dan kusam saat terlalu sering terkenasinar matahari secara langsung. Anda bisa melapisinya kembali dengan cat Orchid atau cat lainnya sesuai keinginan.

Pentingnya Menggunakan Biocide untuk Mengawetkan Furniture Kayu Outdoor

obat pengawetan kayu
Produk BIOCIDE

Penggunaan bahan pengawet kayu dalam menjaga keawetan furniture outdoor tentu sudah menjadi hal wajib. Anda perlu mengaplikasikan Biocide Insecticide untuk menjaga kayu dari serangan serangga perusak kayu. Seperti rayap, teter, dan lain sebagainya.

Resiko pertumbuhan dan perkembangan jamur pada furniture kayu outdoor juga sama besarnya. Untuk itu, Anda perlu mengaplikasikan Biocide Wood Fungicide dan Biocide Surface Film Preservative sebagai langkah preventif.

Kemunculan perusak furniture kayu sangat mungkin terjadi. Oleh karena itu, Anda harus memilih dan merawat furniture outdoor terlebih yang berbahan dasar kayu dengan cara yang benar.

Agar furniture tersebut dapat terus Anda gunakan pada area outdoor dengan kondisi yang tetap prima hingga jangka waktu pemakaian lebih lama.

Di Manakah Anda Bisa Menemukan Produk untuk Merawat Furniture?

Biocide

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, bisa┬ámelaui e-mail di [email protected]

Anda juga dapat membeli seluruh varian produk dari PT Bio Industri Omnipresen secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini.

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya

      Leave a Comment

      Your email address will not be published.