Mengenal Kumbang Longhorn yang Sering Menyerang Kayu

Kemunculan kumbang longhorn sangat tinggi intensitasnya di Kawasan Amerika, Eropa, dan Asia Timur. Serangan kumbang longhorn pada rumah terutama yang berbahan dasar kayu tentu harus diwaspadai.

Pola serangan dan kerusakan yang ditimbulkannya menjadikan jenis hama ini populer dan sering dipelajari. Untuk lebih mengenal dan dapat mewaspadai kemunculannya, simak penjelasan lebih dalam mengenai longhorn dalam artikel ini.

Kumbang Longhorn

kumbang longhorn yang selalu menyerang kayu di rumah

Terdapat berbagai jenis serangga termasuk kumbang yang dapat merusak kayu. Jika berbicara mengenai kumbang sendiri, tentunya terdapat berbagai jenis kumbang yang juga dapat merusak kayu. Salah satu di antaranya adalah jenis kumbang longhorn yang kerap menyebabkan kerusakan kayu.

Longhorn atau yang memiliki nama latin Hylotrupes bajulus, merupakan kumbang yang berasal dari Eropa. Persebaran kumbang ini telah terjadi ke banyak daerah di seluruh dunia melalui perdagangan kayu dan berbagai produk olahan kayu.

Serangga longhorn merupakan hama kayu secang yang juga banyak ditemukan pada jenis kayu lunak. Selain itu, hama ini lebih sering ditemukan di rumah-rumah baru, yakni rumah yang dipenuhi kayu berusia muda.

Siklus hidup serangga longhorn dapat memakan waktu hingga 10 tahun. Namun, tergantung pula pada kondisi lingkungan dan kandungan nutrisi kayu yang menurun seiring bertambahnya usia.

Adanya serangan hama longhorn di rumah disebabkan terutama oleh penggunaan kayu yang sudah mengandung telur atau larva dari kumbang ini. Mereka dapat memakan kayu, terutama di dekat permukaan, sampai dengan kayu berusia tua hingga larva berubah menjadi serangga dewasa.

Larva dari longhorn sendiri lebih besar dari banyak jenis larva kumbang pengebor kayu. Memiliki panjang hingga mencapai 2,5 cm. Hama ini dapat membuat lubang keluar yang lebih besar dengan diameter mencapai 6 hingga 10 mm.

Untuk meminimalisir kerusakan yang dapat terjadi akibat serangan hama longhorn, sebaiknya Anda secara rutin menggunakan produk pengawet kayu. Lapisi perabot dan produk olahan kayu yang ada di rumah Anda dengan antiserangga dengan kualitas terbaik seperti Biocide Insecticide.

Kumbang Longhorn Asia

Kumbang longhorn Asia (Anoplophora glabripennis) dan kumbang longhorn jeruk (Anoplophora chinensis) berasal dari Asia Timur, tetapi telah diperkenalkan ke daerah lain di dunia, yang paling signifikan ada di Eropa dan Amerika Utara.

Serangga longhorn Asia adalah hama pohon kayu keras di pepohonan yang ditanam di pinggir jalan dan perkebunan di Cina. Saat ini, serangga longhorn Asia juga telah merambah Eropa dan Amerika Serikat. Di Amerika Serikat cenderung menyerang spesies Acer. Jenis hama longhorn jeruk adalah hama lebih dari 100 spesies pohon dan semak.

Di Inggris dan Amerika Serikat, penemuan awal serangga longhorn asia ini terkait dengan tanaman yang diimpor dari China dan Korea. Kedua spesies terdaftar dalam Eu Plant Health Directive, sementara di AS Departemen Pertanian dan Dinas Kehutanan meminta pemberitahuan jika kumbang longhorn Asia terlihat.

Betina dewasa dari longhorn Asia mengunyah lubang kecil di kulit kayu untuk bertelur. Larva memberi makan di dalam lapisan vaskular pohon; longhorn jeruk di bagian bawah pohon dan longhorn Asia di batang atas dan cabang. Kumbang dewasa membuat lubang keluar berbentuk bundar dengan ukuran diameter sekitar 10 mm.

Kumbang Kulit Kayu

longhorn kumbang kulit kayu

Kulit kayu sekarang dianggap sebagai bagian khusus dari keluarga kumbang, Curculionidae, di subfamili Scolytinae. Jenis kumbang ini memiliki sekitar 6.000 spesies dalam 220 genera.

Kumbang kulit kayu dapat menjadi hama tanaman pohon untuk kehutanan dan pertanian, bisa juga menjadi hama kayu gelondongan dalam industri penyimpanan atau transportasi. Jenis serangga ini memperkenalkan jamur yang menyerang kayu, membunuh pohon atau menyebabkan pembusukan dalam kayu gelondongan yang disimpan.

Di Amerika Serikat, banyak spesies asli kumbang kulit yang termasuk hama penting dari pohon konifer. Dinas Kehutanan Amerika Serikat juga telah mencatat 53 spesies invasif yang diperkirakan telah diperkenalkan melalui perdagangan internasional.

Di hutan alami, kumbang kulit kayu memiliki peran penting dalam mendaur ulang pohon yang lemah dan sekarat dalam menciptakan habitat baru bagi serangga dan jamur lainnya. Serangga ini juga memainkan peran utama dalam membuat tambalan di mana pohon-pohon baru dapat berregenerasi. Sehingga dapat membantu menciptakan ekosistem hutan yang lebih beragam.

Kumbang yang harus diwaspadai

Beberapa spesies dari kumbang telah terpecah menjadi epidemi di hutan dengan kepadatan tinggi spesies tunggal. Ini artinya jenis kumbang mampu membunuh pohon di area yang luas.

Jenis serangga kumbang juga sangat berperan dalam meningkatkan risiko kebakaran. Seperti yang terjadi di California pada September 2015, di mana terdapat kumbang kulit kayu yang diperkirakan telah meningkatkan kematian pada pohon yang sudah tertekan oleh kekeringan jangka panjang.

Dalam peristiwa tersebut, dilaporkan bahwa terdapat lebih dari 40.000 hektar hutan terbakar dalam 12 jam. Pengaruh dari keberadaan serangga yang satu ini juga memiliki andil cukup besar dalam peristiwa tersebut.

Betina dari serangga kulit kayu bertelur di lapisan floem, yaitu lapisan dalam kulit kayu yang lembab di sebelah kayu secang. Beberapa spesies dari kumbang ini juga dapat merusak sebagian ruang pendek di kulit kayu untuk menyimpan telur.

Seringkali ruang tersebut juga digunakan untuk kawin. Larva dari kumbang kulit akan memakan lapisan floem dan meninggalkan pola karakteristik terowongan di kayu luar pohon.

Temukan Pengawet Kayu Berkualitas untuk Atasi Serangan Kumbang Perusak Kayu

Biocide

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, bisa┬ámelaui e-mail di [email protected]

Anda juga dapat membeli seluruh varian produk dari PT Bio Industri Omnipresen secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini.

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik Di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya

      Leave a Comment

      Your email address will not be published.