Untuk Bangunan Bebas Rayap, Terapkan Dulu Treatment Anti Rayap Pra Konstruksi!

Waspada bangunan Anda dirusak rayap! Sudah bukan kasus baru sebuah gedung baik untuk pribadi atau untuk usaha mengalami kerusakan amat parah karena serangan hama ini. Dalam industri konstruksi sendiri, sejatinya hal ini bisa dicegah, yakni dengan treatment anti rayap pra konstruksi.

Rayap!

Rayap, rayap, dan rayap! Sebagian dari Anda yang tak pernah merasakan betapa destruktifnya rayap mungkin tak paham bagaimana serangga kecil ini bisa menyebabkan kerugian besar. Tapi kenyataannya, rayap memang ancaman luar biasa. Ia memang bukan ancaman yang terjadi secara mendadak. Lebih sering, serangga nan mungil ini disepelekan sampai tahu-tahu kita mendapati beberapa elemen bangunan rusak karena hama ini.

Seorang pemilik vila di area pegunungan, misalnya. Tak pernah ia menganggap bahwa ia harus mengeluarkan biaya besar untuk vilanya itu. Tapi, lama tak dikunjungi dengan perawatan yang sangat ala kadarnya, rupa-rupanya sudah ada rayap yang menggerogoti di sana-sini. Tak pelak, yang dirusak bukan sekedar satu atau dua mebel, tapi struktur vital bangunan tersebut. Mau tak mau renovasi besar-besaran harus dilakukan. Pembasmian rayap juga dilakukan dengan ekstra sambil mengundang jasa pembasmian rayap yang profesional.

kerusakan akibat rayap (2)

Indonesia yang Tropis dan Jumlah Rayap yang Tinggi

Sejatinya, kita memang harus waspada dengan kehadiran serangga mungil bernama rayap. Serangga ini merupakan silent destructor yang tak disangka-sangka. Mereka bekerja secara perlahan dan tahu-tahu beberapa bagian kayu sudah mengalami kerusakan.

Namun selain karena bahaya dari rayap itu sendiri, kewaspadaan kita juga harus dikedepankan karena kita tinggal di Indonesia. Sebagai negara yang berlokasi di wilayah tropis, ancaman kerusakan bangunan karena proses dekomposisi (yang di antaranya disebabkan oleh rayap) memiliki tingkat yang membahayakan. Di negara kita:

  1. Jenis rayap ada sangat banyak dengan jumlah yang juga banyak
  2. Aktivitas rayap bisa terjadi sepanjang tahun, berbeda dengan rayap di negara 4 musim
  3. Kerja rayap termudahkan dengan adanya bakteri pembusuk yang besar
  4. Kerja rayap termudahkan berkat kelembaban tinggi yang membuat kayu mudah lapuk

Jadi memang, mau tak mau kerusakan rayap pada bangunan harus kita perhatikan. Terutama, bila kia tinggal di area yang tingkat serangan rayapnya lebih tinggi. Misalnya di area yang dekat dengan sungai, hutan, rawa, waduk, dan lain sebagainya.

rayap

Waspada Bangunan Roboh dengan Treatment Anti Rayap Pra Konstruksi

Salah satu usaha yang bisa diterapkan untuk mencegah kehadiran rayap adalah dengan menerapkan treatment khusus sebelum bangunan itu dibuat. Treatment seperti ini tidak selalu bertujuan membasmi rayap. Sebab bisa jadi area di mana bangunan akan didirikan belum ada rayapnya. Sifat treatment lebihh pada pencegahan dibandingkan dengan pembasmian.

Untuk pembuatan bangunan yang sifatnya profesional, treatment seperti ini sudah lama dikenal. Ia disebut sebagai treatment anti rayap sebelum atau pra konstruksi. Prinsipnya adalah memberikan pencegahan agar area bangunan tidak ditinggali rayap setelah bangunan selesai dibuat. Bahkan dalam beberapa metode, treatment juga dilakukan untuk pencegahan yang sifatnya jangka panjang. Untuk lebih jelasnya, simak cara ata metode treatment pra konstruksi anti termite di bawah ini.

Metode yang Dipakai untuk Treatment Anti Rayap Pra Konstruksi

Ada banyak metode yang bisa diterapkan untuk mencegah rayap merusak bangunan. Di antaranya adalah sistem spray atau penyemprotan serta sistem injeksi. Berikut ini akan dijelaskan satu per satu.

Sistem Spray atau Penyemprotan

Sistem penyemprotan dilakukan dengan menyemprotkan obat anti rayap di area bangunan dan bangunan itu sendiri. Harapannya dengan menyemprotkan obat anti rayap, bibit-bibit rayap yang ada bisa mati. Selain itu, serangan rayap dari area luar bangunan juga bisa dicegah sementara dengan adanya resapan obat di area bangunan.

Sistem pencegahan ini dilakukan dengan beberapa langkah spraying, yakni:

Penyemprotan Galian Pondasi

Tiap bangunan pasti punya pondasi. Sayangnya, di luar sifatnya yang krusial, bagian ini juga sering diserang oleh rayap, khususnya rayap tanah. Untuk mencegahnya, maka dilakukan penyemprotan pada dinding, lubang, serta di tanah galian pondasi.

Penyemprotan di Bagian Lantai

Selanjutnya, penyemprotan juga perlu dilakukan di bagian tanah di mana akan dibangun lantai. Jadi nanti, ketika ada rayap baru yang masuk ke rumah Anda, kita bisa mencegahnya masuk ke area lantai.

Penyemprotan di Bagian Kayu

Kayu merupakan bahan yang begitu disukai oleh rayap. Bisa dibilang kayu adalah makanan utama serangga koloni ini. Karenanya elemen-elemen bangunan yang terbuat dari kayu harus pula dilindungi dengan baik. Penyemprotan pun perlu dilakukan pada kusen jendela, pintu, dan elemen kayu lainnya.

Bagaimana dengan mebel? Untuk mebelnya, pastikan saja Anda membeli mebel yang sudah ditreatment anti rayap.

pembangunan rumah

Metode II: Sistem Injeksi

Sistem treatment anti rayap pra konstruksi juga bisa dilakukan dengan sistem injeksi. Sistem ini lebih dari sekedar menyemprotkan obat di area bangunan saja. Lebih dari itu, bangunan dibangun dengan sistem khusus untuk menjaganya selalu dari serangan rayap.

Bagaimana sistem kerjanya? Prinsipnya mudah. Caranya, adalah meletakkan pipa bersambung di bawah lantai. Pipa-pipa ini juga dibuat berlubang. Sambungan pipa tersebut kemudian didesain agar berujung pada lubang yang bisa kita akses dari luar setelah lantai dibangun. Jadi nantinya, kita bisa memasukkan obat anti serangga yang akan mengalir ke pipa. Dari pipa, obat anti serangga akan mengalir ke luar lubang dan menyebar di area bawah lantai. Sangat menarik bukan?

Cara ini jauh lebih protektif karena bisa memberikan perlindungan jangka panjang. Bila pada sistem spray, ketahanan hanya berlangsung sampai khasiat obat terhenti, tidak demikian dengan sistem injeksi. Tapi tentu saja keduanya sebetulnya saling melengkapi. Untuk perlindungan yang lebih baik, kedua metode ini sebaiknya diterapkan bersama-sama.

obat treatment anti rayap pra konstruksi
Biocide Insecticide, antiserangga untuk pencegahan rayap pada bangunan

Kunci Keberhasilan Treatment Anti Rayap Pra Konstruksi

 

Pasca melakukan treatment di atas, Anda mungkin merasa lega. Apalagi bila Anda sudah pernah merasakan kerugian akibat menyepelekan hewan koloni bernama rayap tersebut. Akan tetapi, sebetulnya treatment anti rayap belum tentu benar-benar berhasil. Sebagaimana berbagai hal lainnya, kualitas akhir treatment sangat dipengaruhi berbagai faktor. Salah satunya adalah obat anti rayap yang digunakan.

Obat anti rayap? Obat anti rayap harus dipilih secara spesifik. Kualitas obat ini juga perlu dilihat dari berbagai aspek, misalnya:

  1. Kekuatannya untuk membunuh rayap
  2. Lama efeknya untuk membunuh rayap
  3. Efek samping pada penghuni bangunan
  4. Kemudahan digunakan, terutama untuk sistem injeksi
  5. Berbagai efek samping lainnya seperti bau dan resiko penggunaannya

Misalnya saja, poin 2, yakni terkait dengan seberapa lama anti rayap tersebut berkhasiat. Semakin lama jelas semakin bagus. Sebab, artinya, dengan treatment anti rayap pra konstruksi yang dilakukan sekali, kita bisa terlindung dalam waktu yang cukup lama. Budget yang dikeluarkan pun akan lebih hemat.

Leave a Comment