Mari Kenali 4 Jenis Bambu untuk Furniture!

Apa saja jenis-jenis bambu yang bagus untuk furniture? Sebagai salah satu bahan yang sering dimanfaatkan manusia, tentunya material ini memiliki nilai tersendiri dalam dunia mebel.

bambu yang bagus untuk furniture
Furniture dari bambu tutul.

Bambu

Bambu merupakan semua tanaman dalam famili Poaceae. Secara kasat mata, bambu terlihat memiliki bentuk silinder memanjang dengan ruas-ruas yang menjadi sekat. Ketika batang bambu dipotong akan terlihat rongga di dalamnya yang dipisahkan ruas-ruas tersebut. Tampilan ini membuat bambu terlihat sangat berbeda dengan kayu. Ketika kayu padat dan tak berongga, bambu cenderung lebih renggang dan memiliki ruang di dalamnya.

Kenapa bambu dan kayu berbeda? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu menengok klasifikasi bambu itu sendiri. Sebagaimana dijelaskan di atas, bambu termasuk dalam famili Poaceae. Bambu bukan merupakan tanaman pohon. Bambu tergolong dalam kelompok rumput-rumputan. Jadi, meski ukurannya sangat panjang dan kadang lebih tinggi dari pohon, namun karakteristik bambu secara umum lebih menyerupai rumput yang lain. Misalnya dalam hal:

1. Adanya buku-buku pada ruas batangnya
2. Membentuk rumpun

Dalam kehidupan manusia, bambu telah lama dimanfaatkan. Tanaman ini memiliki peran penting di daerah tropis dan subtropis seperti China. Daun bambu sering dipakai untuk bahan bakar, tunas mudanya dimasak, dan batangnya pun digunakan untuk membuat berbagai mebel dan juga elemen bangunan.

Di zaman modern seperti sekarang ini pun, pemanfaatan bambu masih terus berlanjut. Pada beberapa kesempatan, penggunaan bambu dianggap lebih menguntungkan karena mampu memberikan kesan lebih etnis dan tradisional. Misalnya saja untuk pembangunan gazebo restauran, meja kursi kafe, dan lain sebagainya.

Keindahan Mebel Bambu yang Khas

Sulit menampik keindahan mebel jati, tapi demikian juga untuk menampik keindahan furniture dari bambu tutul. Keduanya memiliki karakternya masing-masing dan menawarkan keindahan yang berbeda. Sayangnya, keindahan mebel dari bambu seringkali disepelekan. Padahal dengan jumlahnya yang begitu besar dan ditemukan di berbagai negara, bambu menawarkan kekhasan tersendiri yang tak dimiliki kayu, termasuk kayu jati. Empat bambu berikut ini mungkin bisa menjadi contoh keunggulan khas tersebut.

Ini Dia Empat Macam Bambu yang Bagus untuk Furniture

Bambu Betung

Kekokohan merupakan kelebihan utama bambu betung. Karena sifatnya ini pulalah, bambu betung juga banyak digunakan sebagai konstruksi bangunan.

Bambu Tutul

Sebagaimana disebut di atas, bambu tutul menawarkan keindahan khas yang tak kalah dengan perabot dari kayu. Keunggulan bambu tutul ini terutama terletak pada adanya bercak coklat yang membuatnya sangat menawan dan tradisional.

Bambu Apus

Bambu apus memiliki serat yang panjang, lurus, dan tidak mudah patah. Karena karakternya tersebut, bambu apus banyak digunakan sebagai anyaman untuk kerajinan maupun komponen perabot.

Bambu Ater

Kelebihan bambu ater hampir sama dengan bambu tutul, yakni dalam hal estetikanya. Bedanya, kalau bambu tutul tampak menawan dengan totol coklatnya, bambu ater unggul karena warna hijau kehitamannya yang elegan sekaligus misterius.

Kelebihan Bambu Dibanding Kayu sebagai Material Pembuatan Mebel

1. Harga bambu secara umum lebih terjangkau. Tentu ada beberapa jenis bambu yang harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan kayu. Namun pada umumnya, pemakaian bambu dengan kualitas setara kayu akan memakan biaya yang lebih sedikit.
2. Tampilan yang sangat khas. Bambu tidak ditemukan di seluruh penjuru dunia. Tanaman ini hanya terdapat di area tropis dan beberapa area subtropis. Pneggunaannya pun acap kali dikaitkan dengan budaya daerah-daerah tempat asalnya. Lihat saja tempat makan atau penginapan yang mencoba mengangkat tema nusantara. Acapkali, bambu dipakai sebagai material konstruksinya. Ini karena bambu secara tradisional telah lama digunakan di area di mana tanaman tersebut ditemukan. Penggunaannya pun memberikan kesan khas yang sangat etnik.
3. Lebih ringan. Meski tak selalu menguntungkan, namun kondisi bambu yang lebih ringan kadang kala justru menawarkan keunggulan.
4. Bentuk yang unik. Bambu berbentuk silinder dan berongga. Tampilannya yang unik pun akan membuat furniture yang dihasilkannya sangat unik.
Mudah diolah. Banyak jenis bambu untuk furniture yang mudah diolah.

Aplikasikan Treatment Pengawetan Bambu

Masih banyak lagi jenis bambu yang bagus untuk furniture dan bisa dimanfaatkan. Pesatnya teknologi di bidang pembuatan mebel sedikit banyak juga berkontribusi dalam hal ini. Salah satunya adalah berkembangnya teknologi pengawetan bambu.

Saat ini, pengawetan bambu sangat efektif membuat bambu yang tidak awet menjadi jauh lebih awet. Treatment pengawetan sendiri dilakukan dengan meresapkan obat antihama berupa insektisida dan fungisida. Dengan peresapan tersebut, bambu akan beracun bagi hama, dan dengan demikian secara otomatis akan menjadi lebih awet. Meskipun demikian, penggunaan obat pengawet jelas harus diperhatikan dengan cermat. Untuk mencegah rayap dan kumbang bubuk, gunakanlah Insecticide 100 EC. Jangan sekali-kali menggunakan obat antiserangga sembarangan untuk bambu berkualitas prima.

Keunggulan BioCide Insecticide

Sebagai antiserangga yang kami rekomendasikan, BioCide Insecticide menawarkan sangat banyak keunggulan. Misalnya saja dari organisme yang bisa dicegah. Di pasaran, biasanya kita menemukan insektisida untuk serangga tertentu saja. Misalnya termisida yang dikhususkan untuk rayap dan ternyata tidak efektif untuk mengatasi serangga yang lain. Padahal, serangan hama serangga acap kali begitu beragam. Dan karena menyadari hal ini, BioCide Insecticide kami formulasikan agar menjadi insektisida spektrum luas. Artinya, insektisida ini bisa Anda gunakan untuk membuat kayu tahan dari serangan rayap, tawon pengebor, kutu atau bugs, kumbang pengebor (teter), sampai semut yang gemar bersarang di dalam kayu.

Sebagai pengawet untuk bambu, BioCide Insecticide juga sangat ampuh mencegah teter. Teter atau kumbang bubuk kayu adalah kumbang yang dalam fase larvanya hidup di dalam substrat organik seperti kayu dan bambu. Pada mulanya, induk kumbang akan meletakkan telur di celah bambu dan kayu. Seiring berjalannya waktu, telur akan menetas menghasilkan larva. Larva tersebut akan memakan substrat kayu dan bambu sambil mengeluarkan kotoran serupa serbuk. Secara berkala, kotoran serbuk ini akan keluar dari lubang kecil di permukaan. Kondisi ini membuat orang-orang menamai fenomena ini sebagai bambu bubukan.

Kumbang bubuk akan membuat bambu keropos dari dalam dalam jangka waktu tertentu. Namun karena densitas atau kepadatan substrat bambu pada umumnya lebih rendah dari kayu, efek yang ditimbulkan biasanya lebih cepat dan lebih parah. Bahkan dibanding rayap, totor atau kumbang bubuk adalah momok yang lebih menakutkan bagi para pengrajin bambu.

Metode Pengawetan Bambu Menggunakan BioCide Insecticide

Pengawetan bambu untuk furniture menggunakan BioCide Insecticide bisa dilakukan dengan sangat mudah. Prinsipnya adalah peresapan, jadi beberapa metode bisa dilakukan asalkan peresapan terjadi dengan baik.

Berikut ini beberapa contoh metode pengawetan yang bisa dilakukan.
1. Metode kuas. Caranya dilakukan dengan menguaskan larutan pengawetan pada bambu. Namun metode ini kurang efektif ketika diaplikasikan pada bambu yang masih memiliki kulit. Sekali dua kali penguasan tidak akan banyak memberikan perlindungan.
2. Metode celup. Metode ini dilakukan dengan mecelupkan bambu pada larutan BioCide. Sebaiknya, metode ini dilakukan untuk potongan bambu berukuran kecil.
3. Metode perendaman. Metode ini dilakukan dengan merendam bambu ke dalam larutan pengawet. Dibanding dua metode yang lainnya, metode ini adalah yang paling efektif.

Cara Membeli BioCide Insecticide

Banyak bukan keunggulan BioCide Insecticide? BioCide Insecticide sekarang juga sudah bisa dipesan dengan lebih mudah. Anda bisa membeli produk ini secara langsung ataupun secara online. Pembelian secara langsung bisa dilakukan di Bio Service Point. Lokasi Bio Service Point adalah di Yogyakarta, Jepara, dan juga Cirebon. Sedangkan pembelian online bisa dilakukan di antiserangga.com secara langsung. Silahkan hubungi Customer Service kami sekarang juga untuk membeli produk ini. CS kami akan melayani Anda dengan ramah dan profesional.

Simpulan

Pada akhirnya, bambu merupakan bahan yang potensial digunakan sebagaimana kayu. Malahan, bambu menawarkan beberapa kelebihan yang tak dimiliki oleh kayu. Bambu memiliki tampilan lebih etnis, memiliki kelenturan yang tak dimiliki kayu, sampai masih tersedia dalam supply yang terjaga. Bambu pada umumnya juga lebih murah dibanding kayu, meski kami pun tak memungkiri bahwa ada beberapa jenis bambu yang harganya sangat mahal. Dan seperti kayu, bambu pun bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan mulai dari pembuatan furniture, elemen bangunan, kerajinan, suvenir, dan lain sebagainya.

Namun, dengan sederetan keunggulan tersebut, rupanya bambu juga memiliki beberapa kekurangan. Selain kekuatannya yang di bawah kayu, salah satu kekurangan terbesar bambu adalah ketahanannya. Kebanyakan bambu memiliki ketahanan yang rendah terhadap rayap dan juga kumbang totor. Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan BioCide Insecticide.

Insektisida BioCide Insecticide adalah insektisida racun kontak dan lambung yang efektif mencegah serangan berbagai jenis hama. Insektisida ini memiliki berbagai keunggulan yang membuatnya standout dibanding insektisida lainnya. Dari segi harga pun, insektisida ini bisa dibeli dengan harga terjangkau.

Kiranya, demikianlah informasi yang bisa kami bagikan mengenai beragam jenis bambu dan juga pemanfaatannya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, ya! Nantikan terus berbagai artikel menarik lainnya di antiserangga.com. Sebab kami masih akan terus hadir dengan berbagai informasi beramfaat sekaligus menarik yang lain.

Leave a Comment