Jenis Kayu yang Bagus untuk Furniture dan Sering Digunakan

Ada beragam jenis kayu yang bagus untuk furniture dan dengan demikian juga sering dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan dalam dunia mebel. Kenali macam-macam kayu tersebut sehingga Anda bisa memilih dengan pertimbangan yang tepat!

Kayu yang bagus untuk furniture
Keindahan furniture dari kayu sonokeling.

Pada prinsipnya, dunia furniture terbuka pada semua jenis kayu. Kayu dari spesies apapun asalkan bisa diolah bisa saja dibuat menjadi perabot tertentu. Kriteria bisa diolah sendiri adalah kayu yang tidak rusak dan tidak menyulitkan pekerja saat harus dipotong, diamplas, dilem, dicat, dan dalam beberapa kasus juga diukir. Tetapi, karena industri mebel membutuhkan keseragaman dan kepastian supply pada produk yang dihasilkannya, maka biasanya kayu yang digunakan hanya kayu tertentu saja. Kayu-kayu tersebut haruslah berasal dari spesies yang secara umum memiliki karakter bisa diolah dengan baik. Berikut ini lima di antaranya.

5 Jenis Kayu untuk yang Bagus Furniture dan Paling Sering Digunakan

    1. Jati. Jati banyak digunakan sebagai bahan baku mebel karena dikenal kuat, awet, dan menawan. Kayu ini bahkan merupakan kayu paling populer sebagai bahan baku mebel bagi masyarakat awam.
    1. Mahogany. Kayu mahoni adalah yang kayu yang paling umum untuk mebel di samping jati dengan keindahan dan tingkat keawetan di bawah jati. Meski demikian, kayu ini tetap cukup bagus digunakan dan secara umum menawarkan harga lebih murah dibanding jati.
    1. Ebony. Ebony menawarkan sesuatu yang unik dari tampilannya. Pola seratnya bukan hanya indah, tetapi kayu ini memiliki warna hitam yang menawan. Karakternya yang kuat makin memperkuat kayu ini sebagai salah satu kayu terbaik dalam industri furniture.
    1. Trembesi. Biarpun awalnya jarang terdengar dan bahkan kurang populer hingga kini, namun trend popularitas trembesi terus menanjak seiring berjalannya waktu. Selain tersedia melimpah kayu ini dicari untuk mebel yang memerlukan kayu solid yang tebal.
  1. Akasia. Bila kita sekilas melihatnya, akasia tampak serupa dengan kayu jati. Akan tetapi, kualitas kayu ini masih lebih rendah dibanding jati. Sama seperti mahoni, akasia menawarkan harga lebih murah sebagai “kompensasi” atas kualitasnya yang lebih rendah.

Mengawetkan Kayu Membuka Pilihan Lebih Lebar

Teknologi yang terus berkembang pada dasarnya membuka peluang lebih lebar untuk kayu-kayu yang sebelumnya jarang dimanfaatkan untuk membuat mebel. Misalnya, dengan teknologi pengawetan atau wood preservation, kayu yang jarang digunakan karena tidak awet, kini bisa digunakan dengan baik. Contohnya adalah sengon. Kayu sengon bahkan bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku konstruksi bangunan bila diawetkan dengan treatment yang tepat. Prinsip treatment pengawetan sendiri dilakukan dengan membuat kayu beracun bagi hama. Caranya adalah dengan meresapkan obat antihama pada kayu. Jadi, pilihan Anda akan jauh lebih luas apalagi bila hanya di antara kelima jenis kayu yang bagus untuk furniture yang disebut di atas.

Bagaimana Cara Mengawetkan Kayu?

Treatment pengawetan kayu bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Anda bisa memilih satu atau beberapa opsi metode di bawah ini.

1. Pengawetan dengan metode perendaman. Pada cara ini, kita merendam kayu ke dalam larutan pengawet. Keberhasilan pengawetan tergantung pada konsentrasi larutan, jumlah kayu yang direndam, potongan kayu, sampai jenis obat yang digunakan.
2. Vakum tekan. Pada metode ini, digunakan alat vakum tekan khusus. Tekanan dan suhu bisa diatur dari luar sehingga hasil pengawetan menjadi sangat baik dibanding metode yang lainnya.
3. Metode tabur. Metode ini diaplikasikan apabila obat pengawetnya berupa serbuk atau bubuk yang bisa ditaburkan.
4. Celup. Metode ini dilakukan dengan mencelupkan kayu ke dalam larutan pengawet.
5. Kuas. Metode ini dilakukan dengan mengkuaskan larutan pengawet ke permukaan kayu.

Memilih Obat Pengawet yang Tepat

Ingat, salah satu faktor utama yang memengaruhi hasil pengawetan adalah obat yang digunakan. Makanya, jangan sampai salah memilih. Pastikan Anda memilih produk yang memang didesain untuk kebutuhan ini.

Di pasaran sendiri ada sangat banyak produk yang dapat Anda beli. Tapi bisakah Anda memilih obat yang paling tepat?

Kami Sarankan BioCide Insecticide Khusus untuk Anda
Saran kami, gunakan BioCide Insecticide untuk kebutuhan Anda. BioCide Insecticide adalah insektisida khusus pengawet kayu dan bangunan. Insektisida ini akan membuat kayu menjadi tahan rayap, tahan kutu, sampai tahan terhadap serangan kumbang bubuk.

BioCide Insecticide merupakan insektisida berbasis cypermethrin 100 EC dan merupakan racun kontak lambung. Pemanfaatannya akan membuat kayu benar-benar terlindungi.

Yang tak kalah menarik dari BioCide Insecticide adalah harganya yang lebih terjangkau dengan pemakaian yang lebih hemat. Produk ini pun lebih aman bagi lingkungan dan manusia karena bahan aktifnya lebih degradable.

Kayu lain yang Bisa Ditingkatkan Kualitasnya

Ada sangat banyak jenis kayu yang bisa diubah jadi tahan lama dengan BioCide Insecicide. Pengawetan kayu memang pada akhirnya bisa membuat kayu yang tadinya hanya bisa dipakai untuk indoor menjadi kayu yang:

1. Bisa dimanfaatkan untuk outdoor, misalnya untuk pembuatan garden furniture
2. Bisa digunakan untuk kondisi yang lebih fluktuatif / tidak ideal, misalnya di daerah yang lembab

Nah selain sengon, ada banyak lagi jenis kayu lainnya yang bisa jadi lebih baik dengan treatment pengawetan menggunakan BioCide Insectcide.

1. Kayu pinus. Pinus memiliki tampilan sangat unik. Kayu ini memiliki warna yang cenderung terang dengan mata kayu di sana-sini. Namun justru karena inilah pinus disukai untuk pembuatan berbagai jenis mebel.
2. Kayu jati belanda. Jati londo atau kayu jati belanda memiliki tampilan yang mirip kayu cherry. Sayangnya, kayu ini memiliki ketahanan yang rendah. Namun sebagaimana disebut di atas, dengan aplikasi BioCide Insectcide kita bisa mengubah jati belanda menjadi salah satu jenis kayu yang bagus untuk furniture.
3. Kayu cemara. Di Indonesia terdapat sangat banyak jenis cemara. Sayangnya, pemanfaatan kayu ini untuk pembuatan mebel sangat minim. Salah satunya adalah karena kerentanan diserang hama. Untungnya saja kita memiliki BioCide yang bisa diandalkan untuk kebutuhan ini.
4. Aneka jenis kayu bekas. Kayu bekas atau kayu recylce adalah semua jenis kayu yang diolah lagi setelah sebelumnya digunakan untuk kebutuhan tertentu. Kini, di era yang makin sadar akan kelestarian alam, kayu-kayu bekas ternyata diminati untuk dijadikan mebel. Contohnya saja kayu peti kemas dan kayu bekas kapal. Kedua kayu ini akan menjadi bahan ideal pembuatan mebel vintage dengan semangat eco friendly.
5. Aneka jenis kayu pohon buah. Kebanyakan pohon buah tidak mampu menghasilkan kayu yang memiliki ketahanan baik terhadap hama. Lihat saja kayu mangga. Kayu mangga memiliki tampilan yang sangat unik dan eksotis. Namun kayu ini memiliki kekurangan berupa ketidaktahanan terhadap hama. Kini, dengan aplikasi pengawetan, pohon mangga pun bisa dimanfaatkan untuk membuat mebel.

Sangat menarik bukan? Masih banyak lagi sebetulnya kayu dengan kelas awet rendah yang bisa ditingkatkan mutunya dengan BioCide Insecticide. Di atas hanya contoh saja. Yang jelas, akan ada sangat banyak jenis kayu yang bagus untuk furniture dengan pemanfaatkan BioCide Insecticide.

Cara Beli BioCide Bisa Online Bisa Langsung

Tak perlu dipungkiri lagi bahwa BioCide Insecticide memang memiliki sangat banyak keunggulan. Tapi bagaimana ya cara memesan produk ini? Eits! Anda tak perlu khawatir. Sebab proses pembelian BioCide Insecticide kini bisa dilakukan dengan cara mudah lho. Anda tak perlu jauh-jauh ke Bio Service Point. Hanya dengan gadget Anda, Anda bisa mendapatkan produk ini sekaligus menghubungi CS kami untuk kerja sama menguntungkan yang lebih besar.

Langkah-langkah pemesanan online BioCide Insecticide di antiserangga.com adalah sebagai berikut.

1. Hubungi CS kami untuk memberikan data pengiriman. Data pengiriman berupa nama Anda sebagai pemesan, jumlah produk yang dipesan, sampai alamat pengiriman. Apa gunanya data ini? Data ini akan memungkinkan CS kami memberikan gambaran lama proses kirim, biaya total yang harus dibayar, dan kurir apa yang sebaiknya digunakan untuk pengiriman.
2. CS akan memberikan cara pembayaran dan nominal yang harus dibayarkan setelah diskusi dengan Anda disepakati. Nominal pembayaran meliputi harga BioCide Insecticide dan juga ongkos kirim.
3. Silahkan lakukan pembayaran lalu kirimkan bukti pembayarannya pada kami.
4. Tunggu CS memroses pesanan Anda. Kami akan segera memberikan nomor resi pasca produk diserahkan ke kurir.
5. Silahkan tunggu BioCide Insecticide sampai di alamat yang Anda inginkan. Kami juga akan terus memantau proses pengiriman tersebut dan memastikan Anda memperoleh layanan terbaik.

Tapi, bagi Anda yang ingin membeli produk ini secara langsung, opsi lain pun masih terbuka untuk Anda. Anda bisa mengunjungi kami di Bio Service Point yang berlokasi di Jepara, Cirebon, dan juga Yogyakarta. Di sana, selain bisa bertemu langsung dan mengobrol dengan CS serta teknisi kami, Anda juga bisa menengok produk Bio Industries yang lain. Sebab di Bio Service Point tersedia juga produk cat ramah lingkungan, lem, sampai wood bleaching (WA-25) atau pengawet kayu.

Nah, kiranya itu yang bisa kami sampaikan di artikel ini. Kita telah mengetahui beberapa jenis kayu yang bagus untuk furniture yang paling sering digunakan. Tapi ingat, pemanfaatan kayu lainnya pun perlu didorong supaya pasar tidak jenuh dengan kayu yang itu-itu saja. Anda bisa mencoba menggunakan kayu yang tidak populer. Tingkatkan kualitas kayu tersebut dengan BioCide Insecticide sehingga penggunaannya akan memberikan hasil optimal bagi semua pihak. BioCide Insecticide akan mampu mengubah kayu menjadi tahan terhadap serangan hama rayap, kutu, teter, dan masih banyak lagi.

Semoga ulasan ini memberikan manfaat untuk Anda ya! Sampai jumpa di artikel Antiserangga lainnya.

Leave a Comment