3 Jenis Kayu Solid Selain Jati, yang Juga Banyak Diolah

Selain kayu jati, ada beberapa jenis kayu solid yang banyak diolah jadi furnitur. Kualitas kayu jati yang masuk kategori terbaik, menjadikannya dibanderol dengan harga yang tinggi. Untuk mengakali hal tersebut, banyak pengrajin memilih kayu yang kualitasnya tidak jauh berbeda dengan jati namun harganya sedikit lebih murah.

Nah, ada beberapa alternatif dari kayu yang dengan kriteria tersebut. Ada beberapa jenis pohon yang menghasilkan kayu solid dan dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan.

3 Jenis Kayu Solid Populer Selain Jati

kayu jati olahan yang siap digunakan menjadi furniture, pintu dan kusen

Keterbatasan kayu jati, biasanya ada pada  waktu tanam kayu jati yang cukup lama. Hal ini malah membuat harga jati semakin melonjak tajam karena banyak permintaan terhadapnya. Banyak pengrajin memutar otak untuk mendapatkan komposisi kayu yang setara dengan kayu jati.

Baca juga: Penjelasan Grade Kayu Jati untuk Pagar

Alternatifnya, para pengrajin memilih sendiri jenis kayu solid yang punya kualitas namun dengan harga yang tidak menguras kantong. Ada beberapa jenis kayu yang bisa dipilih untuk menjadi alternatif pengganti jati, di antaranya yaitu 3 jenis kayu berikut ini.

1. Kayu Trembesi (Kayu Suar)

kayu trambesi yang sudah dipotog-potong kecil dan siap digunakan menjadi furniture

Dikenal sebagai kayu trembesi, kayu suar ambon ini berasal dari pohon yang pertumbuhannya bisa dikatakan cenderung cepat. Di Indonesia, persebaran pohon trembesi berada cukup merata dari Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara.

Kayu suar merupakan jenis kayu yang banyak dimanfaatkan oleh para pengrajin mebel untuk digunakan sebagai bahan baku. Keberadaan mebel atau furniture dengan bahan baku kayu trembesi juga menjadi pilihan bagi para konsumen yang membutuhkan mebel dengan harga lebih terjangkau namun kualitasnya terjamin.

Kayu ini memiliki beberapa keunggulan, di antaranya:

  • Termasuk pohon yang memiliki masa pertumbuhan cenderung cepat
  • Memiliki diameter hingga mencapai 2 meter
  • Dapat diandalkan sebagai komponen mebel yang tebal. Keunggulan ini bahkan tidak dimiliki oleh kayu jati.
  • Pohon trembesi dapat menyerap polusi udara. Biasanya lingkungan sekitar hutan trembesi lebih terjaga kondisi kesehatan udaranya.

Walau begitu, trembesi juga memiliki kelemahan, di antaranya:

  • Cukup rentan terkena serangan serangga pemakan kayu karena termasuk kayu dengan tingkat keawetan bernilai C
  • Kurang maksimal saat digunakan untuk menopang beban yang berat karena masuk dalam kategori kayu dengan kelas kekuatan C.
  • Anda tidak dapat mengandalkan kayu ini untuk pembuatan tiang penyangga rumah, maupun fondasi dan kebutuhan konstruksi lainnya. Kayu ini lebih baik digunakan untuk bahan baku furniture.

2. Kayu Jati Belanda (Pinus)

kayu jati belanda yang sudah dipotong-potong dan siap digunakan menjadi furniture berkualitas

Kayu pinus termasuk jenis kayu solid yang dapat diandalkan dan menjadi pilihan alternatif pengganti kayu jati. Kayu pius dikenal juga dengan nama kayu jati belanda. Dengan motif serat menyerupai jati, kayu pinus dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan jati.

Kebutuhan pembuatan furniture, produk hiasan, maupun kebutuhan esensial yang memerlukan kayu juga dapat mengandalkan produk ini. Pinus memiliki beberapa keunggulan sebagai pilihan kayu solid, berikut ini.

  • Mempunyai serat kayu yang elegan dan eksotis menjadi daya tarik utama kayu pinus/jati belanda
  • Mudah untuk diolah
  • Memiliki tekstur dan pori kayu yang kecil, bahkan cenderung padat
  • Bisa dimanfaatkan atau diolah menjadi banyak produk furnture, headboard, dipan, hingga peti kemas.

Baca juga: Pelajaran Tentang Kayu Jati dan Penggunaan Obat Anti Rayap

Punya banyak keunggulan, kayu pinus juga memiliki kelemahan terutama pada bagian permukaannya yang keras. Hal tersebut berdampak pada sulitnya penyerapan cat yang diaplikasikan pada permukaan kayu pinus.

Jika tidak menggunakan produk yang berkualitas atau teknik aplikasi cat yang keliru, warna cat yang diaplikasikan menjadi tidak akan merata melapisi seluruh permukaan kayu.

3. Kayu Kamper

kayu kaper yang ditumpuk di gudang dan siap untuk didistribusikan atau dijadikan furniture

Kamper adalah salah satu jenis kayu yang termasuk kayu solid andalan pengrajin furniture. Kayu ini sering dipilih untuk diolah sebagai bahan baku pembuatan mebel perkantoran. Kayu kamper memiliki kemiripan dengan kayu mahoni terutama karena warna kayunya kemerahan.

Kayu kamper memiliki harga lebih tinggi dibandingkan dengan mahoni. Hal itu banyak dijumpai di kawasan Kalimantan yang juga menjadi salah satu daerah persebaran dan pertumbuhan kayu kamper di Indonesia.

Kamper memiliki beberapa keunggulan sebagai pilihan kayu solid berkualitas, di antaranya:

  • Termasuk kayu yang masuk pada tingkat keawetan kelas B dan C.
  • Kayu dengan kekuatan kelas A, B.
  • Memiliki tekstur yang halus
  • Pengolahan kayu kamper cenderung mudah

Meski demikian, selayaknya kayu lain kamper juga tidak luput dari kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan dari kayu kamper.

  • Kamper termasuk kayu yang dapat berubah bentuk sewaktu-waktu, sehingga tidak disarankan untuk digunakan sebagai bahan pembuatan jendela maupun pintu
  • Bukan jenis kayu yang tahan terhadap pengaruh cuaca dan kelembaban, sehingga tidak disarankan untuk digunakan pada area outdoor
  • Tidak dapat bersentuhan langsung dengan air karena termasuk kayu yang sangat sensitif terhadap kelebaban

Mengingat ketiga jenis kayu alternatif di atas memiliki kelemahan tersendiri, tak ada salahnya untuk memberikan perlindungan khusus. Perlindungan yang diberikan berupa mengaplikasikan produk pengawet kayu agar kayu lebih terawat dan terlindungi dengan baik. Sehingga dapat diolah dan digunakan dalam jangka waktu pemakaian lebih lama.

Anda dapat mengandalkan produk Biocide Series untuk memenuhi kebutuhan perawatan kayu yang Anda perlukan. Perlindungan dari serangan serangga, dari serangan jamur pada permukaan kayu, hingga serangan jamur pada substrat kayu dapat di atasi dengan Biocide.

Di Manakah Anda Bisa Mendapat Produk Ampuh untuk Merawat Berbagai Jenis Kayu Solid?

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi kami¬†melaui e-mail di [email protected]

Anda juga dapat membeli seluruh varian produk dari Bio Industri Omnipresen secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bio Industri Omnipresen secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik Di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]