Fakta Menarik Buah Bintaro, Bisa Jadi Bahan Anti Rayap dan Pembasmi Tikus

Tahukah kamu kalau buah bintaro bisa dimanfaatkan sebagai bahan anti rayap sekaligus pembasmi tikus yang alami? Buah yang bisa kamu temui dengan mudah bahkan di pinggir jalan ini memang seringkali tidak terlalu dikenali.

Bahkan mungkin beberapa di antara kamu juga masih tidak terlalu familiar dengan buah bintaro. Tapi percayalah, kemungkinan besar kamu sudah pernah bertemu secara langsung dengan pohon bintaro meskipun kamu tidak mengenalinya.

Mengenal Bintaro, Tanaman dengan Racun Mematikan

Pohon bintaro. Sumber: Tukang Taman Surabaya

Baca Juga : 5 Bahan Anti Rayap Alami, Dijamin Ampuh Usir Serangga Musuh Kayu Ini

Pohon bintaro bisa ditemukan dengan mudah di sekitar kita, terutama untuk kamu yang tinggal di daerah seputar pantai. Tapi saat ini, tanaman ini juga sering digunakan sebagai tanaman penghijauan di jalanan kota.

Pertumbuhan pohon ini bisa mencapai ketinggian 10 hingga 12 meter, dengan daun berbentuk runcing. Tanaman ini juga punya bunga dengan kelopak berwarna putih.

Sementara buahnya yang juga bernama latin Cerbera manghas ini bentuknya bulat dan berwarna hijau mengkilap. Saat dipegang permukaannya juga halus.

Baca Juga : Rekomendasi Obat Anti Rayap Alami dan Sintetis yang Aman Digunakan

Ketika dilihat sekilas, bentuknya memang sangat mirip dengan buah markisa. Saat matang, warna buah akan berubah menjadi ungu kemerahan.

Setelah itu akan menghitam lalu mengelupas, sehingga hanya menyisakan bagian kerangka buah di dalamnya seperti kelapa kecil.

Nah, tahukah kamu jika buah bintaro ini sangat berbahaya dan punya kandungan racun yang mematikan? Bukan hanya buahnya, bahkan bagian lain dari pohon ini juga memiliki racun yang mematikan bagi manusia.

Melansir detik.com, menurut dosen Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati ITB Taufikurahman, pohon ini memang mengandung racun yang sangat berbahaya dan mematikan.

Baca Juga : Gunakan 8 Warna Ini untuk Kursi Makan Minimalis, Ruangan Akan Lebih Elegan!

Pohon dan buah bintaro memang tidak berbahaya jika disentuh secara langsung, namun jika sampai termakan maka akibatnya bisa fatal. Bahkan jika dikonsumsi manusia bisa berakibat kematian.

Racun yang ada bukan hanya pada bagian pohon dan buahnya saja, tetapi juga pada bagian daun dan getahnya. Kandungan racun yang ada pada bintaro beranama cerberin.

Akibatnya jika sampai menelan racun ini bisa menimbulkan berbagai gejala. Seperti muntah, diare, mengantuk, bahkan bisa sampai membuat detak jantung melambat.

Baca Juga : Mengenal Aneka Jenis Serangga Perusak Kayu serta Rekomendasi Treatment

Jika sampai terkena bagian kulit dan mata, maka getahnya bisa menyebabkan iritasi dan sangat menyakitkan.

Lantas, apa sih sebenarnya manfaat dari keberadaan tanaman bintaro? Yuk simak penjelasan lebih lanjutnya.

Manfaat Buah Bintaro, Bahan Anti Rayap Sekaligus Pembasmi Tikus Alami

Buah bintaro. Sumber: Lazada

Meskipun punya racun yang sangat mematikan dan bahaya jika sampai dikonsumsi manusia, tanaman ini tentu punya manfaat bagi ekosistem.

Baca Juga : Aneka Jenis Kayu untuk Furniture Outdoor yang Berkualitas, Simak di Sini

Selain digunakan sebagai tanaman untuk kebutuhan penghijauan dan sebagai peneduh, bahkan menjadi penahan erosi. Buah bintaro juga punya manfaat lain.

Tahukah kamu kalau bagian buah bintaro bisa digunakan sebagai bahan anti rayap serta pengusir tikus yang ampuh? Jika kamu ada masalah dengan kemunculan tikus maupun rayap di rumah, buah bintaro adalah pilihan yang tepat.

Cara menggunakannya juga sangat mudah, berikut langkah penggunaan buah bintaro sebagai bahan anti rayap alami:

kayu terserang rayap
Serangan Rayap pada Kayu

Baca Juga : Simak 7 Inspirasi Desain Ruang Santai yang Menarik untuk Rumah Lebih Nyaman

Siapkan 500 gram buah bintaro, lalu blender dengan 500 ml air. Kemudian, tuangkan hasilnya pada satu wadah lalu diamkan selama 1 minggu.

Setelah 1 minggu, saring untuk memisahkan ampas dan cairan. Nah, cairan inilah yang bisa digunakan sebagai bahan anti rayap.

Kamu bisa bisa langsung menggunakannya sebagai bahan anti rayap alami. Semprotkan pada area yang sedang menjadi daerah kekuasaan rayap ataupun yang kamu indikasi akan menjadi sasaran rayap.

Baca Juga : Punya Rumah Baru? Catat Rekomendasi Furniture Minimalis yang Wajib Ada!

Sementara itu, berikut cara menggunakan buah bintaro untuk pembasmi tikus alami:

Tikus. Sumber: Tokopedia

Tak kalah mudah dengan cara penggunaannya sebagai bahan anti rayap alami, buah bintaro juga bisa dengan mudah digunakan sebagai pengusir tikus.

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu meletakkan buah bintaro di daerah yang biasa dilewati tikus.

Hewan pengerat yang punya indera penciuman kuat itu, akan terganggu dengan bau dan racun yang dikeluarkan buah bintaro.

Kamu juga bisa membakar atau membelah buah ini kemudian menjemurnya terlebih dahulu sebelum meletakkannya di area rawan tikus.

Jika buahnya tidak dibakar, sebaiknya pilih buah yang masih muda dan belum layu. Akan lebih optimal lagi jika menggunakan buah yang baru dipetik dan masih ada getah di tangkainya.

Karena bau racun yang dikeluarkan juga akan sangat menyengat sehingga sangat mengganggu bagi penciuman tikus. Dengan begini, tikus akan menjauh dan tidak ingi datang ke rumahmu lagi.

Tapi bukan cuma ampuh jadi pengusir tikus, buah bintaro juga bisa ampuh lho untuk mengusir hama ulat.

Nah, meskipun punya racun yang mematikan dan tidak bisa dikonsumsi, tetap ada manfaat lain dari buah bintaro kan?

Karena segala sesuatu yang ada di bumi ini pasti Tuhan ciptakan untuk punya manfaatnya masing-masing. Begitu pula dengan pohon bintaro.

Tapi, untuk bisa menghindari getah dan racun bintaro, sebaiknya selalu waspada dan hati-hati ya! Jangan lupa jauhkan dari anak-anak jika ada di sekitar pohon bintaro.

Sumber: boombastis.com

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya

      Leave a Comment

      Your email address will not be published. Required fields are marked *