Karakter dan Manfaat Kayu Eboni Hitam, Tanaman Asli Indonesia yang Eskotis!

Karakter dan manfaat kayu eboni hitam memang harus dipahami jika ingin mengolahnya. Mengingat pengolahan dari setiap kayu juga berbeda-beda sesuai dengan karakternya.

Oleh karena itu, simak pembahasan mengenai karakter dan manfaat kayu eboni hitam. Si kayu eksotis asal Indonesia yang banyak memukau dunia.

Karakter Kayu Eboni Hitam yang Memukau

kayu eboni. source: courtina

Berikut adalah pembahasan mengenai karakteristik kayu eboni hitam. Tanaman yang berasal dari famili Ebenaceae ini merupakan jenis kayu hitam asli Indonesia. Tanaman ini berasal dari pohon eboni yang asalnya dari Sulawesi.

Baca juga: Mengenal Kayu Gaharu Asli Indonesia yang Bernilai Jual Tinggi

Karakteristik kayu eboni hitam juga dikenal mempunyai nama latin yaitu Diospyros celebica. Eboni saat ini termasuk dalam kategori tumbuhan endemik.

Tanaman ini dapat menghasilkan jenis kayu yang unik sesuai dengan lokasi geografisnya. Termasuk kayu dengan kualitas yang cukup baik, penggunaan kayu hitam eboni tentu tidak perlu diragukan lagi.

Kayu hitam yang asalnya dari pohon eboni ini juga sering dikenal dengan sebutan kayu ebony. Tentunya, kayu ini memiliki ciri khas berupa warna kayu yang gelap.

Baca juga: Tips Memilih dan Merawat Furniture Outdoor dengan Benar

Pohon eboni dapat tumbuh hingga mencapai 40 meter. Ciri khas pada batangnya yaitu bentuknya lurus. Mempunyai diameter batang hampir mencapai 1 meter pada bagian bawahnya.

Daun eboni bentuknya memanjang dengan bagian ujung yang cukup runcing dilapisi dengan warna hijau tua. Pada bagian permukaan atas daunnya mengkilap dan di bagian bawahnya terdapat bulu halus.

Bukan hanya bagian batang dan daunnya saja yang mencuri perhatian dari pohon ini, melainkan bunganya juga. Eboni memiliki bunga yang cantik, biasanya timbul mengelopak dengan warna putih yang terletak di sisi ketiak daun.

Baca juga: Mengenali Karakteristik Kayu Nyatoh Sebelum Menggunakannya

Buah eboni berwarna merah kekuningan dilengkapi dengan daging buah  pada bagian dalamnya. Daging buah tersebut sering jadi incaran hewan untuk dimakan. Seperti kelelawar, bajing bahkan monyet.

Punya Banyak Khasiat dan Manfaat

Tingkat eksploitasi alam yang tinggi membuat kayu eboni masuk dalam daftar salah satu jenis pohon langka saat ini. Hingga saat ini, IUCN (International Union for Conservation of Nature and Natural Resources) masih menetapkan status eboni sebagai tanaman vulnerable.

Yang artinya merupakan tanaman yang cukup rentan terhadap kepunahan. Kayu hitam asli Sulawesi ini juga sering menjadi komoditi impor ke berbagai belahan dunia. Terutama Jepang, Amerika Serikat hingga Eropa.

Selain harus mengenal karakteristik kayu hitam eboni, mengetahui khasiat dan manfaatnya juga termasuk hal yang penting.  Berikut beberapa khasiat serta manfaat dari kayu eboni:

Baca juga: Harga Wood Filler Untuk Finishing Transparan Kayu Terbaik Disini!

1.      Produk Kerajinan Tangan

Saat berkunjung ke Kota Palu, Sulawesi, berbagai produk kerajinan tangan unik dengan bahan baku kayu eboni akan mudah ditemukan. Manfaat dari kayu hitam dari pohon eboni ini bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai jenis produk kerajinan tangan.

Di antaranya untuk keperluan rumah tangga ataupun sebagai produk dekorasi. Kerajinan tangan yang satu ini sudah populer sejak tahun 1960-an.

Produk-produk seperti piring, mangkok serta berbagai alat makan lainnya  dari bahan eboni punya ciri khas berupa warna gelap. Produk-produk ini juga tentunya awet saat digunakan.

Baca juga: Butuh Perontok Cat Besi Cepat dan Ampuh? Lakukan Beberapa Cara Ini

2.      Untuk Bahan Baku Konstruksi Bangunan

Bukan hanya sebagai bahan baku pembuatan produk kerajinan tangan, kayu ini juga populer digunakan untuk kebutuhan bahan konstruksi bangunan. Pada pembangunan suatu perumahan misalnya, saat memakai kayu eboni, maka konstruksi rumah tersebut akan lebih kuat dan tahan lama.

Dengan kualitas yang baik, wajar jika harga jualnya cukup tinggi. Ditambah lagi, pemakaiannya dapat membuat tampilan rumah tampak semakin elegan. Contohnya saat dipakai sebagai hiasan pada bagian pilar.

3.      Sebagai Simbol Tradisi Wilayah

Masyarakat Sulawesi memiliki tradisi yang kuat terutama tentang legenda menarik yang terkait dengan khasiat dari kayu eboni.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Kayu Sonokeling

Kayu hitam asli hutan Sulawesi ini memiliki warna hitam pekat karena legendanya yang konon berkaitkan dengan pertempuran Ramayana. Pada legenda itu diceritakan bahwa Hanuman telah membakar habis seluruh kota kemudian membuat pohon eboni menjadi berwarna hitam.

Itulah alasan mengapa pada masyarakat Sulawesi kayu hitam ini memiliki khasiat untuk menjadi simbol perlindungan.

4.      Memiliki Zat Antioksidan yang Baik untuk Kesehatan

Pada bidang kesehatan, khasiat kayu eboni memang tidak main-main. Karena kayu ini dapat menyimpan cadangan antioksidan di dalamnya, hal ini membuat pohon eboni menjadi semakin dicintai.

Baca juga: Mengenal Kayu Mahoni yang Berkualitas dan Murah

Kayu hitam asal pohon eboni ini juga memiliki khasiat untuk melancarkan peredaran darah. Selain itu juga dapat membantu untuk mengatasi penyakit jantung, bahkan mampu membantu memperbaiki kinerja otak.

Kandungan senyawa aktif yang ada di dalamnya itu juga yang membuat pohon ini mempunyai berbagai manfaat.

5.      Sebagai Bahan Furniture Berkualitas

Furniture kayu eboni. source: rajawaliparket

Penggunaan eboni untuk kebutuhan yang satu ini tentu tidak perlu untuk diragukan lagi. Karena manfaat utama pohon eboni memang paling banyak digunakan manusia dengan diambil kayunya untuk menjadi bahan baku furniture.

Baca juga: Pilihan Lantai Kayu untuk Kamar Mandi

Kualitas dari kayu hitam eboni sangat bagus untuk membuat berbagai jenis furniture rumah yang kokoh, dan memiliki nilai tinggi.

Bahannya yang solid dapat membuat jenis kayu satu ini sebagai bahan untuk pembuatan furniture langka. Mebel langka tersebut dijual dengan harga yang fantastis.

Tapi sayangnya, saat ini banyak pengrajin yang lebih memilih menggunakan jenis kayu lain untuk kebutuhan pembuatan furniture.

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya

      Leave a Comment

      Your email address will not be published. Required fields are marked *