mebel dari kayu mahoni

Karakter Kayu Mahoni yang Punya Kualitas Tinggi

Ada hal menarik dari kayu mahoni yang membuatnya memiliki kualitas tinggi. Kayu mahoni banyak disukai untuk diolah sebagai material furnitur.

Memiliki warna kemerahan membuatnya mudah dikenali dan banyak disukai. Kayu ini juga memiliki berbagai karakter menarik yang membuatnya banyak disukai.

Mahoni sebagai Kayu Menawan yang Banyak Diminati

kayu mahoni log
Log kayu mahoni

Kayu mahoni (en: mahogany wood) merupakan salah satu pilihan kayu yang populer di Indonesia. Pertumbuhannya paling banyak ditemukan di Pulau Jawa. Dengan waktu tanam dan panen yang tidak seperti jati, membuat ketersediannya bisa terus terjaga.

Hal ini membuat harga jual kayu mahoni tidak terlalu tinggi, sehingga semakin banyak yang meminati kayu ini untuk kebutuhan. Kayu mahoni termasuk kayu yang memiliki tampilan menarik meskipun dalam kondisi natural.

Warna alami kayu mahoni cenderung kemerahan, sehingga membuatnya lebih mudah untuk dikenali. Sifat kayu mahoni yang paling mudah dikenali  lainnya adalah permukaan kayu mahon yang cukup halus.

Tampilan furnitur yang elegan bisa Anda peroleh dengan mudah saat menggunakan kayu mahoni.

Penggunaan kayu mahoni untuk berbagai kebutuhan juga membuatnya semakin dikenal, terutama di Indonesia. Lalu, apa saja karakter unik dan menarik yang dimiliki oleh kayu mahoni?

Beberapa Karakter Menarik Kayu Mahoni

Popularitas mahoni tidak terlepas dari karakter menarik yang dimilikinya. Secara umum, beberapa di antaranya adalah.

  1. Bentuk seratnya mirip dengan serat kayu jati. Hal ini membuat mahoni sering dimanfaatkan sebagai pilihan alternatif pengganti kayu jati.
  2. Memiliki harga yang jauh lebih terjangkau dibandingkan jati. Mengingat masa tanamnya yang lebih singkat dibandingkan jati, sehingga membuat ketersediaannya melimpah. Hal tersebut juga berpengaruh pada harga jualnya yang jadi lebih terjangkau.
  3. Warna kayu mahoni bisa berbeda saat usianya masih muda dan saat sudah matang dalam kondisi siap panen. Saat muda, warnanya cenderung pucat. Tapi jika sudah berusia 20 tahun ke atas, warna khas mahoni yaitu kemerahan akan tampak lebih mencolok, sehingga membuatnya memiliki tampilan natural yang menarik dan cantik.
  4. Bisa disesuaikan untuk segala kebutuhan finishing. Dapat dilapisi dengan plitur, pernis, maupun akrilik dan cat solid.

Yang membuat kayu mahoni paling mudah dikenali memang dari warna naturalnya yaitu kemerahan. Warna kemerahan dari kayu mahoni seringkali membuatnya difinishing natural hanya dengan sanding sealer dan atau pernis saja.

Punya Keunggulan yang Membuatnya Semakin Banyak Disukai

Mebel kayu mahoni

Popularitas kayu mahoni sebagai material mebel dan dan bahan perabot rumah tangga sangat dimaklumi, mengingat kayu ini juga memiliki kelebihan yang membuatnya lebih unggul dibandingkan jenis kayu lainnya.

Beberapa keunggulan yang dimiliki kayu mahoni ini di antaranya:

  • Bentuk seratnya lurus dan teksturnya halus saat disentuh. Hal ini membuatnya tampak natural sekaligus mewah, terlebih saat sudah diolah menjadi mebel.
  • Memiliki daya tahan stabil yang membuatnya lebih tahan terhadap penyusutan serta pemuaian.
  • Rendah kandungan minyak alami. Hal ini membuatnya lebih fleksibel untuk diaplikasikan dengan berbagai jenis pengecatan untuk menunjang tampilannya agar lebih menarik. Sehingga tampilannya tetap menarik meski termasuk saat sudah difinishing.
  • Harga jualnya lebih ekonomis dibandingkan dengan kayu jati. Sehingga membuatnya sering menjadi pilihan pengganti kayu jati.
  • Memiliki fleksibilitas pembentukan. Hal ini membuat mahogany wood dapat lebih mudah untuk diolah menjadi berbagai bentuk dan memenuhi berbagai kebutuhan.
  • Sering diolah sebagai material furniture atau perabot rumah tangga. Termasuk untuk material pembuatan pintu, jendela, kerajinan tangan, dan lain sebagainya.

Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, membuat kayu ini begitu populer dan banyak digemari. Namun, bukan berarti mahoni merupakan kayu unggulan yang tidak punya kekurangan.

Tetap ada beberapa hal yang menjadi kelemahan kayu mahoni. Sehingga menjadi catatan penting untuk Anda yang berminat menggunakannya.

Mahoni Tetap Punya Kekurangan

Kayu mahoni

Meski memiliki berbagai keunggulan dan karakter menarik kayu mahoni juga tetap memiliki kekurangan. Di antaranya yaitu:

  1. Termasuk kayu yang mudah terserang hama. Terutama jika sudah dipanen sebelum waktunya dan kondisi kayu belum benar-benar matang untuk diolah. oleh karena itu, penting untuk menggunakan bahan pengawet kayu dan melakukan treatment sebelum pengolahan mahoni.
  2. Butuh waktu lama untuk mengeringkannya. Pengeringan kayu merupakan hal yang penting untuk menjaga kualitasnya. Dan pada tahapan ini, mahoni memakan waktu yang cukup lama demi mencapai tujuan pemakaian yang lebih optimal.
  3. Membutuhkan proses maintenance atau perawatan dengan ketelitian tinggi. Tingkat kerumitan dari perawatan mahoni memang lebih tinggi dibandingkan kayu lain. Proses penyimpanan, treatment anti serangga dan anti jamur, hingga pengovenan yang memakan waktu cukup lama termasuk usaha yang dilakukan untuk dapat menjaga kualitasnya.

Hal-hal yang menjadi kelemahan dari kayu ini dapat menjadi catatan khusus bagi Anda yang ingin mengolahnya.

Anda harus mempertimbangkan penggunaannya dari segala sisi. Bukan hanya melihat keunggulannya saja, melainkan juga harus mempertimbangkan kekurangannya. Agar penggunaan mahoni dapat lebih sesuai dan bisa dimanfaatkan untuk memenuhi masa pemakaian jangka panjang.

Untuk itu, penting menggunakan produk pengawet kayu demi menjaga karakter menarik kayu mahoni.

Anda bisa melakukannya dengan bantuan produk pengawet kayu dari Biocide Insecticide yang optimal mencegah dan mengatasi serangan hama. Kondisi kayu mahoni akan lebih terjaga dengan penggunaan produk ini.

Di Manakah Anda Bisa Menemukan Produk untuk Menjaga Karakter Menarik Kayu Mahoni tetap Berkualitas?

Biocide

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, bisa¬†melaui e-mail di [email protected]

Anda juga dapat membeli seluruh varian produk dari PT Bio Industri Omnipresen secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini.

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya

      Leave a Comment

      Your email address will not be published.