Mengawetkan Kayu Kusen dari Serangga Perusak

0
1295
pengawetan kayu kusen

Berbagai pertanyaan mengenai pengawetan kayu kusen akan dibahas pada artikel ini . Mulai dari alasan harus mengawetkan kayu kusen hingga obat insektisida yang kami rekomendasikan.

Apa itu Metode Pengawetan Kayu?

Metode pengawetan kayu adalah suatu usaha untuk meningkatkan masa pakai kayu yang terancam terganggu karena faktor biotik. Prinsip utama metode pengawetan kayu adalah mengubah kayu agar tidak lagi disukai hama baik dengan cara menghilangkan nutrisi kayu maupun membuat material tersebut beracun bagi hama.

Alasan Kayu Kusen Harus Diawetkan

pengawetan kayu kusenAlasan kita sebaiknya mengawetkan kayu kusen tidak lepas dari sifat kayu itu sendiri. Kayu sebagai material organik sangat rentan diserang hama. Secara alami pun bahan ini adalah makanan sekaligus habitat berbagai organisme mulai dari rayap, jamur, hingga kumbang bubuk. Bila kusen tidak diawetkan, tentu usianya akan jauh lebih pendek. Apalagi mengingat kebanyakan kusen ditempatkan berhadapan dengan kondisi outdoor. Perubahan cuaca hingga paparan sinar UV yang intens bisa membuat kayu kusen maupun lapisan catnya lebih rapuh sehingga akan lebih mudah dirusak berbagai hama.

Macam Metode untuk Mengawetkan Kayu Kusen

Terdapat berbagai macam cara yang bisa dipilih untuk mengawetkan kusen. Di antara berbagai cara tersebut, kita bisa membedakannya menjadi dua:

Cara Tradisional

Cara mengawetkan kusen secara tradisional bisa dilakukan dengan merendamnya hingga mengasapinya. Metode seperti ini memang terbukti bisa membuat kayu lebih tahan lama. Perendaman akan membuat nutrisi kayu hilang dan pengasapan akan mengubah struktur kimia nutrisi kayu. Keduanya bisa membuat kayu tak lagi disukai hama.

Yang jadi persoalan, cara-cara tersebut sama sekali tidak efektif dari segi waktu. Proteksi yang diberikan pun tidak sempurna karena tidak mampu mencegah hama yang hanya menggunakan kayu sebagai habitat, bukan sumber makanan.

Cara Modern

Cara mengawetkan kayu kusen secara modern dilakukan dengan menggunakan obat pengawet. Cara ini bisa dibedakan menjadi:

  1. Cara Perendaman, yakni usaha mengawetkan kayu dengan merendam kayu dalam larutan pengawet.
  2. Cara Pengkuasan, yakni usaha pengawetan kayu dengan mengkuaskan larutan pengawet pada kayu.
  3. Cara Penyemprotan, yakni usaha pengawetan kayu dengan menyemprot kayu menggunakan larutan pengawet.
  4. Cara Vakum Tekan, yakni mengawetkan kayu dengan merendam kayu dalam larutan pengawet pada tangki khusus yang bisa diatur tekanan dan kekedapan udaranya.

Obat Antiserangga yang Harus Anda Gunakan

obat untuk mengawetkan kayu kusenDi antara berbagai jenis hama yang berpotensi menyerang kayu, keberadaan serangga perusak harus benar-benar diwaspadai. Untuk memberikan proteksi pada organisme ini, aplikasikan satu di antara metode pengawetan kayu modern di atas dan gunakan obat berkualitas. Obat antiserangga atau insektisida yang kami sarankan adalah Insecticide 100 EC.

Mengapa Insecticide 100 EC?

Insecticide 100 EC adalah antiserangga berbahan aktif cypermethrin yang bekerja sangat efektif pada organisme target. Organisme target Insecticide 100 EC sendiri sangat beragam mulai dari rayap hingga kumbang bubuk. Akan tetapi produk ini relatif aman bagi manusia karena bahan aktifnya tidak reaktif pada kulit kita. Hanya saja, tentu alat keselamatan kerja tetap wajib digunakan.

Insecticide 100 EC juga mudah diaplikasikan dan bekerja sangat stabil pada kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan bersama fungisida Microcide 100 EC untuk memberikan perlindungan lebih lengkap namun tetap murah.

Informasi lebih lanjut mengenai Insecticide 100 EC, silahkan hubungi kontak Customer Service kami.

Leave a Reply