Simak 7 Inspirasi Desain Ruang Santai yang Menarik untuk Rumah Lebih Nyaman

Berikut ini 7 inspirasi desain ruang santai yang menarik untuk rumah lebih nyaman. Menciptakan ruang santai di rumah sesuai dengan desain keinginanmu tentu akan lebih menyenangkan.

Bukan hanya itu, rasa nyaman dan betah di rumah juga akan semakin meningkat. Apalagi jika seluruh bagian rumah termasuk ruang santai juga bisa merefleksikan jati dirimu.

promo produk natural oil dan sanding sealer

7 Inspirasi Desain Ruang Santai di Rumah

Rumah minimalis industrial

Jika berbicara mengenai desain ruangan, tentu akan sangat banyak yang bisa ditiru dan dicoba untuk diaplikasikan. Tetapi, tentu kamu memahami tidak semua desain bisa diterapkan pada rumahmu.

Kondisi rumah yang berbeda-beda termasuk berbedanya kebutuhan bagi masing-masing hunian juga menjadi alasan setiap rumah punya desain khusus yang diterapkan. Termasuk pada ruang santai yang sering menjadi area kumpul keluarga dan kegiatan lainnya.

Lantas, apa saja 7 desain ruang santai di rumah yang bisa jadi inspirasi dan bisa diterapkan? Berikut penjelasannya.

Baca Juga : Mengenal Karakteristik Kayu Nyatoh dan Pemanfaatannya

promo produk biocide surface film preservative

1.      Desan Ruang Santai Minimalis

Ruangan tema skandinavian minimalis

Ruang santai di rumah yang mengusung desain minimalis akan sangat cocok untuk hunian para milenial.

Dengan menerapkan desain ini, maka ruangan tidak membutuhkan banyak perabot. Namun, yang penting dan harus dilakukan adalah kita harus mampu membangun kesan hangat di dalam ruangan tersebut.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan cara menggunakan karpet. Gunakan jenis karpet yang lembut dan nyaman pada ruangan ini.

Selain itu, adanya karpet juga dapat berfungsi sebagai peredam suara yang bising. Karpet juga dapat menjadi alternatif tempat duduk lesehan tambahan.

Rekomendasi bahan karpet yang bisa dipilih adalah jenis karpet tekstur bulu yang terbuat dari bahan polyester. Karena jenis karpet ini bagian permukannya lebih lembut dan tidak panas.

Baca Juga : 15 Karakter Pintu Baja, Apakah Lebih Unggul Jika Dibandingkan Pintu Kayu?

2.      Ruang Santai Modern

Ruang santai modern. Sumber: Arsitag

Desain ruang santau selanjutnya bisa menerapkan gaya interior modern. Jangan lupa gunakan sofa untuk membuat suasana modern semakin lengkap.

Letakkan sofa sectional pada bagian tengah ruangan kemudian bentuk menyerupai huruf U atau L. hal itu akan membuatmu semakin nyaman saat duduk dan bersantai.

Terkait warna, sebaiknya pilih warna netral untuk sofa. Contohnya warna cream atau abu-abu yang mudah dipadukan dengan berbagai perabot lainnya.

Baca Juga : Pilihan Kayu Terbaik untuk Furniture yang Berkualitas

3.      Desain yang Penuh Estetika

desain skandinavian natural untuk ruang santai di rumah

Mengedepankan unsur estetika tentu tidak ada salahnya, sehingga menerapkan desain yang aesthetic juga bisa dilakukan ketika kamu ingin mendekorasi ruang santai.

Ruangan akan semakin menarik dan enak dipandang. Apalagi, dengan diterapkannya desain ruang yang indah juga dapat membantu kreativitas seseorang meningkat.

Jangan lupa pakai sofa dengan warna terang untum membuat suasana ruang santai semakin ceria. Berkumpul bersama keluarga di dalamnya tentu akan menjadikan atmosfer ruangan menjadi hangat.

Bukan hanya itu, kita juga dapat menghias bagian lain dari ruangan tersebut. Misalnya, menghias dinding dengan memakai ornamen cantik.

Pilihlah berbagai hiasan atau ornament yang cantik dan menarik untuk dipajang. Misalnya, jam dinding, pigura, kaca, ataupun lukisan.

Baca Juga : Jenis-jenis Material Pintu dan Bagian Mekanik yang Umum Digunakan

4.      Tema Ruang Santai dengan Sentuhan Alami

Contoh ruang santai tema vintage alami. Sumber: InteriorDesign.id

Ruang santai yang sejuk dan alami juga bisa diwujudkan jika kamu menyukai suasana alam. Penggunaan tanaman hias bisa menjadi sumber sentuhan alami yang diterapkan pada interior ruangan.

Kamu bisa menggunakan dan menempatkan tanaman hias pada sudut ruangan. Warna hijaunya akan membuat suasana semakin nyaman dan sejuk.

Suasana yang tercipta juga bisa mempengaruhi suasana hatimu maupun anggota keluarga lainnya saat duduk dan berkumpul dalam ruangan tersebut.

Bukan hanya sejuk, ruang santai juga akan tampak lebih indah dan asri dengan adanya tanaman hias yang digunakan.

Baca Juga : Beragam Kerajinan dari Rotan yang Unik dan Menarik

5.      Tema Interior Klasik

Penerapan desain lainnya yang bisa dipakai adalah tema klasik. Bersantai di ruang santai akan semakin lengkap dengan adanya televisi.

Karena TV dapat menjadi sumber hiburan utama saat kita bersantai sambil menonton berbagai tayangan yang disajikan. Gunakan TV dan simpan di atas kabinet pada ruang santai.

Sebaiknya, gunakan kabinet yang dilengkapi dengan lemari supaya dapat berfungsi sebagai storage atau tempat penyimpanan lainnya.

Baca Juga : Memadukan Tema Rumah dengan Aneka Furniture Minimalis yang Bisa Digunakan

6.      Desain Ruang Santai yang Elegan

Opsi lain dari penggunaan desain ruang santai di rumah adalah menerapkan desain yang elegan. Untuk menampilkannya, kamu bisa menggunakan perabot berbahan dasar kaca maupun akrilik.

Gunakanlah perabot yang mempunyai aksen warna netral dan keemasan. Untuk memaksimalkan hasilnya, kamu juga bisa menggunakan coffee table berbahan dasar kaca pada bagian tengah ruangan.

Baca Juga : Cara Cek Keaslian Mebel dari Kayu Jati

7.      Ruang Santai di Rumah dengan Tema Vintage

Ruang santai tema vintage. Sumber: Adseneca

Kesan vintage pada ruang santai juga bisa membuat suasana yang timbul sangat estetik. Kesan hangat saat berkumpul dengan keluarga masih akan terasa dengan baik.

Terlebih, jika kamu juga dapat membebaskan diri untuk lebih mengekspresikan diri dengan menghias ruangan menggunakan berbagai jenis barang antik.

Letakkan lampu lantai dengan warna kuning di dekat dinding. Dengan cara tersebut, pancaran lampu tersebut dapat menyelimuti ruangan agar kesannya lebih hangat.

Baca Juga : Rekomendasi 4 Furniture Minimalis yang Cocok untuk Ruang Keluarga Sempit

Demikian 7 inspirasi desain ruang santai di rumah yang bisa diterapkan. Pilih yang paling sesuai dengan kepribadianmu.

Semoga bermanfaat!

promo produk white agent wa-250

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *