Mengenal Teknik Pengawetan Kayu dan Rekomendasi Produk Pengawet Kayu

Terdapat beberap teknik pengawetan kayu yang bisa dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas termasuk ketahanan kayu. Anda juga bisa menggunakan produk pengawet kayu yang kami rekomendasikan.

Mengenal Teknik Pengawetan Kayu

Karena setiap jenis kayu tentu mempunyai sifat fisik, mekanik, serta zat kimia beragam yang terkandung di dalamnya. Adanya kandungan-kandungan tersebut yang juga mempengaruhi tingkat keawetan kayu.

Oleh karena itu, terkadang diperlukan teknik pengawetan kayu untuk meningkatkan masa pemakaiannya agar lebih panjang.

Baca Juga : 5 Bahan Alami untuk Membasmi Rayap pada Lantai Kayu, Mudah dan Aman!

1. Teknik Pengawetan Kayu dengan Menggunakan Bahan Pelapis

pengecatan sebagai salah satu bahan pelapis untuk pengawetan kayu

Penggunaan bahan pelapis bisa digunakan sebagai salah satu teknik pengawetan kayu. Melalui cara ini, permukaan kayu akan dilapisi dengan cairan dari bahan pengawet yang mampu menjaga kayu dari serangan rayap ataupun serangga lainnya.

Pengaplikasian bahan pelapis juga membantu melindungi kayu dari berbagai pengaruh cuaca. Cairan pelapis yang dapat digunakan sebagai bahan pengawet dan pelapis dapat berupa tir, oli, minyak, cat, dan solar.

Baca Juga : 5 Jenis Kayu Anti Rayap yang Paling Bisa Diandalkan, Jangan Salah Pilih!

Melalui cara ini, anda dapat mengawetkan furniture kayu kesayangan anda dengan biaya lebih terjangkau. Namun, teknik ini juga mempunyai kelemahan yaitu perlu dilakukan pengulangan karena lapisan pengawet yang sudah diaplikasikan akan memudar bahkan lambat laun hilang dengan sendirinya.

2. Teknik Mengawetkan Kayu dengan Perendaman

Treatment kayu dengan metode perendaman. Sumber: Siplah Blibli

Perendaman menjadi salah satu teknik pengawetan kayu yang bisa dilakukan. Cara ini merupakan salah satu teknik pengawetan kayu tradisional. Melalui perendaman, maka peresapan bahan pengawet akan lebih optimal pada kayu.

Baca Juga : Cara Mengetahui Jenis Jamur Beracun di Rumah

Dengan cara ini, bahan pengawet diharapkan dapat meresap hingga serat kayu. Teknik ini memang cukup efektif digunakan karena bisa dilakukan sekaligus pada kayu dalam jumlah banyak.

Biaya yang dibutuhkan untuk treatment ini juga relatif terjangkau. Bahan yang biasanya digunakan untuk teknik perendaman biasanya berupa larutan garam atau larutan campuran minyak dan air.

Jika anda ingin menggunakan teknik ini untuk mengawetkan kayu, maka ada tiga macam perendaman yang bisa dilakukan. Yaitu metode perendaman panas, perendaman dingin, serta kombinasi perendaman panas dingin.

Baca Juga : Rekomendasi Produk Antijamur untuk Perawatan Kayu yang Masih Muda

Namu, metode ini juga mempunyai kelemahan, yaitu perlu waktu yang lama jika ingin mendapat hasil optimal. Selain itu, dalam kondisi saat ini akan cukup sulit menemukan lokasi perendaman. Karena dibutuhkan lokasi yang luas sebagai kolam untuk merendam kayu dengan metode ini.

3. Metode Vakum Tekan

rotan
Treatment kayu dengan metode vakum tekan pada skala industri

Setelah membahas 2 metode sebelumnya yang termasuk dalam metode pengawetan tradisional, sekarang ada teknik pengawetan modern dengan cara vakum tekan.

Baca Juga : Merawat Nakas dengan Bahan Ati Serangga Berkualitas, Biocide Insecticide

Teknik pengawetan kayu dengan metode vakum tekan dapat dilakukan dengan cara memasukkan kayu yang akan diawetkan ke dalam tangki kemudian ditutup rapat untuk divakum.

Proses pengosongan udara dalam treatment ini dilakukan selama kurang lebih 90 menit. Selama itu pula bahan pengawet kayu dimasukkan ke dalam tangki hingga penuh dengan menggunakan selang khusus.

4. Teknik Vakum Tekan Metode Sel Kosong

Selanjutnya, masih dari teknik pengawetan kayu secara modern ada vakum tekan metode sel kosong. Pada treatment ini, kayu dimasukkan ke dalam tangki lalu dalam kondisi tangki tertutup rapat akan diberi tekanan selama 20 menit.

Baca Juga : Mengenal Kayu Sungkai: Karakteristik, Asal, Keunggulan dan Kelemahan

Pada proses tersebut cairan pengawet kayu kemudian dimasukkan ke dalam tangki lalu proses pemberian tekanan ditingkatkan hingga 2 jam. Setelah proses tersebut selesai, cairan pengawetan kayu lalu dikeluarkan dan treatment dilanjutkan ke tahap selanjutnya.

Selanjutnya dilakukan proses vakum untuk membersihkan bahan pengawet yang masih menempel pada kayu.

Rekomendasi Produk Pengawet Kayu

Mengacu pada berbagai treatment pengawetan kayu yang sudah dijelaskan, tentunya keberadaan bahan atau produk pengawet kayu yang siap digunakan akan sangat membantu. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, telah tersedia produk Biocide Insecticide.

Baca Juga : Mengenal Tanda Kemunculan Serangga pada Furniture Kayu

Biocide Insecticide adalah produk insektisida anti serangga yang ampuh digunakan untuk melindungi kayu dan bahan sejenisnya dari berbagai serangan serangga. Produk ini sangat direkomendasikan untuk digunakan dan bisa diaplikasikan dengan 4 cara yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Mengandung bahan aktif Cypermethrine 100 Ec, produk ini ampuh untuk mengatasi berbagai jenis serangga yang mengganggu pada kayu, bambu, rotan dan media sejenisnya. Memiliki spektrum organisme yang luas, bahan pengawet kayu ini bisa digunakan untuk mengatasi berbagai serangan hama.

Contohnya rayap, kumbang bubuk, teter, kecoa, bahkan tikus. Diformulasikan untuk kebutuhan industri wood working, produk ini tentu dapat bekerja dengan optimal untuk memenuhi kebutuhan perawatan dalam skala rumah tangga.

Baca Juga : Tips Mudah dan Aman Merawat Furnitur Kayu Agar Terlihat Seperti Baru

Di Manakah Anda Bisa Menemukan Produk Pengawet Kayu yang Berkualitas Biocide Insecticide?

Biocide

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, bisa melaui e-mail di [email protected]

Anda juga dapat membeli seluruh varian produk dari PT Bio Industri Omnipresen secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini.

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik Di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya

      Leave a Comment

      Your email address will not be published.