Insektisida Ampuh untuk Cegah Rayap

Gunakan insektisida ampuh untuk melindungi kayu dalam penyimpanan. Pilih jenis insektisida ampuh yang tepat sehingga bisa membunuh serangga perusak kayu dan tentukan jenis treatment yang tepat.

Gunakan insektisida ampuh untuk basmi rayap
Gunakan insektisida ampuh untuk basmi rayap

Terdapat berbagai macam produk insektisida yang beredar di pasaran. Keberadaan produk-produk insektisida tersebut tak lain untuk memenuhi permintaan pasar yang tinggi karena serangan serangga bukan sesuatu yang jarang terjadi. Salah satu serangan serangga yang banyak menimbulkan kerugian dan sering terjadi adalah serangan koloni rayap. Organisme yang berkerabat dekat dengan kecoa ini akan bersarang dan memakan substat kayu. Akibatnya kayu menjadi keropos dan nilai jualnya menurun drastis. Salah satu pihak yang paling dirugikan dengan kerusakan akibat serangan rayap ini adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan kayu. Kayu-kayu yang hendak diolah atau baru dipanen bisa rusak akibat organisme ini. Oleh karena itulah sangat penting dilakukan treatment pengawetan kayu menggunkan insektisida ampuh.

Treatment pengawetan kayu sendiri adalah sebuah proses dimana kayu di-treatment menggunakan bahan-bahan khusus yang bisa melindunginya agar kualitasnya terjaga. Insektisida adalah salah satu jenis bahan yang biasa digunakan untuk treatment pengawetan kayu. Namun, agar treatment yang diberikan efektif tentu diperlukan produk insektisida ampuh yang dapat secara efektif membasmi rayap.

Kriteria Insektisida Ampuh

Untuk memilih insektisida ampuh sendiri bukan sesuatu yang mudah. Sebab, banyak produk yang mengklaim sebagai insektisida terbaik. Gunakanlah kriteria di bawah ini untuk memilih insektisida ampuh:

  1. Efektif membunuh rayap dan serangga lainnya
  2. Bisa dipenetrasikan dalam substrat kayu sehingga mencegah munculnya rayap
  3. Mudah diaplikasikan dengan berbagai cara
  4. Tahan lama
  5. Relatif aman bagi manusia
Permethrine 125 EC.
Permethrine 125 EC.

Gunakanlah insektisida dengan kandungan bahan aktif permethrin yang memenuhi semua kriteria di atas. Permethrine 125 EC yang menggunakan bahan aktif permethrin sangat toksik pada rayap namun relatif lebih aman digunakan. Hal ini dikarenakan Permethrine 125 EC memiliki tingkat toksiksitas rendah pada manusia dan bisa dilarutkan dengan air. Karakternya untuk bisa dilarutkan dengan air pun membuat produk ini lebih terjangkau dibanding insektisida jenis lainnya.

Selain memilih insektisida ampuh, pastikan pula treatment pengawetan yang Anda lakukan benar-benar tepat. Pilih satu dari empat treatment pengawetan kayu berikut ini yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Sistem Vakum Tekan. Sistem vakum tekan memanfaatkan suatu alat  khusus yang bisa  diatur tekanan di dalamnya. Sistem seperti ini mudah dikontrol serta dapat memberikan hasil yang paling baik dibanding sistem treatment lainnya. Larutan pengawet akan masuk lebih dalam, merata, dan seragam. Kekurangan sistem ini adalah biayanya yang mahal.
  2. Sistem Perendaman. Sistem perendaman dilakukan dengan merendam kayu dalam larutan pengawet. Larutan pengawet harus dibuat dengan konsentrasi tertentu agar bahan pengawet masuk ke dalam substrat kayu. Sistem ini relatif lebih murah dibanding sistem vakum tekan, namun hasil yang yang didapat kurang maksimal.
  3. Sistem Spray dan Kuas. Sistem spray dan kuas dijadikan satu poin karena memiliki banyak kemiripan dari keunggulan maupun kekurangannya. Kedua sistem ini hanya mengandalkan aplikasi pengawetan dengan kuas dan sprayer. Sistem seperti ini jelas lebih murah dan mudah dilakukan bila kayu yang akan diawetkan sedikit. Kekurangannya, proteksi yang diberikan paling lemah dibanding sistem lain.

Untuk menentukan sistem yang paling tepat agar aplikasi insektisida ampuh yang sudah Anda dapatkan maksimal, Anda harus tahu kebutuhan dan dana yang Anda miliki. Misalnya, bila Anda membutuhkan kayu dengan pengawetan yang berkualitas, maka sistem vakum tekan bisa Anda pilih. Alternatif kedua adalah treatment dengan sistem perendaman. Sedangkan bila dana Anda terbatas dan jumlah kayu yang perlu Anda treatment sedikit, gunakanlah sistem spray atau kuas.

Leave a Comment