Cara Membasmi Bubuk Kayu

0
2691

Bubuk yang muncul dari kayu, yang biasanya jatuh di lantai bawah mebel atau perabotan Anda memang sangat merugikan. Selain membuat kotor, apalagi yang bubukan adalah rangka atap rumah atau tiang kayu, kayu bubukan juga menyebabkan kayu rapuh dan rusak parah. Penyebab satu-satunya kayu Anda bubukan adalah Kumbang Bubuk.

Bagaimana cara membasmi bubuk kayu ini? Apakah membasmi Kumbang bubuk perusak kayu susah? Poin berikut akan membantu mencegah kayu bubukan atau mencegah serangan kumbang bubuk kayu:

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengurangi kadar air di kayu, hingga kurang dari 20% kelembaban. Meteran kelembaban dapat digunakan untuk menentukan tingkat kelembaban di kayu. Panas sentral, penghalang uap dan ventilasi ruangan yang baik dapat membantu mengendalikan kelembaban. Kayu harus dikeringkan di tempat yang baik untuk membunuh semua tahap kumbang. Mengurangi kelembaban mungkin tidak cukup untuk sepenuhnya mengendalikan serangan kumbang bubuk.
  2. Kayu yang diawetkan dengan obat pengawet kayu dan dipernis tidak akan menarik bagi kumbang dewasa. Mereka tidak bisa menembus atau menemukan celah di permukaan kayu untuk menyimpan telurnya.
  3. Jangan menyimpan barang berharga di gudang dan lumbung. Kumbang pengebor kayu biasa terjadi di daerah ini.
  4. Furnitur yang penuh belum selesai difinishing (tidak dicat atau dilapisi lilin lebah) dapat diobati dengan pengawet kayu anti kumbang bubuk, atau obat kayu anti bubuk BioCide Insecticide yang akan mencegah larva baru menetas memasuki kayu. Perabotan yang biasa diobati dengan miyak biasa seperti solar, dapat dirawat menggunakan obat pembasmi hama bubuk dan pengawet kayu ampuh BioCide Insecticide tersebut.
  5. Jika ingin praktis, buang kayu yang bubukan. Jika tidak, gunakan insektisida BioCide. Karena siklus hidup bubuk kayu yang panjang (12-18) bulan di kayu, Anda mungkin akan melihat kumbang yang muncul bahkan setelah perawatan. Telur dan larva yang datang akan terkena insektisida untuk membunuh mereka.

Bagaimana jika Anda tidak memberikan perawatan dengan obat untuk kayu yang dimakan bubuk dengan benar dan efektif? Perlu Anda ketahui, bahwa siklus hidup kumbang bervariasi dari 3 bulan sampai satu tahun. Larva kumbang yang berada di dalam kayu bisa berkembang menjadi kumbang dewasa membutuhkan waktu hingga satu tahun. Artinya selama satu tahun itu, larva (ulat) kumbang bubuk memakan kayu Anda! Itulah penyebab kayu bubukan terus menerus, baik pada furniture atau mebel seperti lemari dan meja, tiang, kusen, usuk atau kerangka atap lainnya.

Pengawetan kayu sangat disarankan pada kasus kerusakan bubuk kayu yang parah, terutama bila metode lain gagal atau bila eliminasi serangga secara cepat sangat penting atau diinginkan. Pengawetan bisa dilakukan dengan cara rendaman, merendam kayu balok atau gergajian ke dalam bak yang sudah diberi obat anti kumbang bubuk kayu.

Cara mengatasi bubuk kayu dalam bentuk mebel atau perabotan di rumah Anda, cukup kuaskan secara merata obat pengawet kayu yang mencegah kayu bubukan seperti BioCide Insecticide yang telah disebutkan tadi. Lebih baik, sebelum aplikasi, keluarkan terlebih dahulu perabotan Anda.

Pemeriksaan Adanya Kumbang Kayu

Langkah pertama adalah memutuskan apakah ada infestasi (serangan) aktif. Anda mungkin memeriksa kerusakan lama. Infestasi aktif akan terjadi pada tumpukan yang berada di atas lantai atau di dekat lubang. Anda mungkin juga mendengar suara berdetak yang dibuat oleh larva. Jika kerusakan sudah lama dan saat ini tidak aktif, Anda tidak perlu mengobati.

Periksa secara berkala semua permukaan kayu yang terbuka dan periksalah bukti kerusakan internal. Bukti serangan lebih sering terjadi di loteng, ruang bawah tanah dan area lain yang terhitung lembab.

Sekali lagi, pastikan bahwa infestasi itu aktif (bukan kerusakan lama atau frass lama), harus ada warna segar dari kayu gergajian baru, atau larva hidup atau kumbang dewasa di kayu.

Pencegahan Kumbang Perusak Kayu

Bagaimana cara membasmi bubuk kayu yang efektif? Tugas siapakah sebenarnya mencegah bubuk kayu? Kapan kita harus mulai mencegah dan membasmi kumbang kayu.

Sebagian besar prosedur yang akan mencegah serangan terhadap kayu sebelum digunakan adalah tanggung jawab mereka yang memanen, menggergaji atau menyimpan kayu. Namun mereka yang menggunakan kayu yang sudah jadi mebel harus berhati-hati untuk mengurangi kemungkinan kumbang menyerang ke struktur dan perabotan.

Langkah-langkah untuk mencegah kumbang dari kayu meliputi:

  • Memeriksa kayu sebelum membeli.
  • Menggunakan kiln atau kayu kering dengan benar.
  • Permukaan kayu yang difinishing dengan baik.
  • Menggunakan kayu yang diolah secara kimiawi (pengawet kayu atau insektisida).
  • Dengan menggunakan desain bangunan yang baik seperti ventilasi, drainase dan pembersihan yang tepat antara kayu dan tanah akan mengurangi kadar air kayu sehingga menciptakan kondisi yang kurang menguntungkan bagi kumbang penyebab kayu bubukan.
  • Sistem pemanas dan pendinginan sentral juga mempercepat proses pengeringan kayu.

Setelah mengetahui sekilas cara membasmi bubuk kayu, berikut ini detail jenis-jenis kumbang perusak kayu yang memakan kayu balok atau kayu gergajian Anda, baik yang ditumpuk atau sudah ditebang, bahkan juga memakan mebel di rumah Anda. Jenis-jenis kumbang bubuk perusak kayu ini kami tunjukkan untuk mempermudah Anda mengenali serangannya, dan membuat penanganan atau cara membasmi bubuk kayu yang tepat.

Jenis-jenis Kumbang Bubuk Penyebab Kayu Bubukan

Larva kumbang ini mengurangi kayu menjadi zat yang sangat halus dan menyerupai serbuk. Kumbang dewasa melakukan sedikit kerusakan. Pada bagian ini, kita akan membahas empat jenis kumbang Powderpost dalam empat famili: Lyctidae, Bostrichidae, Anobiidae, dan Cerambycidae. Kumbang dewasa melakukan sedikit kerusakan, sedangkan larva (biasa disebut cacing kayu (woodworm)) yang berperan sebagai perusak utama. Mereka mengalami metamorfosis yang lengkap: kumbang dewasa, telur, larva dan kepompong.

Anda bisa dengan mudah mengenali karya kumbang bubuk. Ketika kumbang dewasa muncul, biasanya di bulan Juni, beberapa spesies meninggalkan lubang kecil seukuran pin di permukaan kayu; Yang lain membuat lubang seukuran pensil. Dari lubang ini, larva (woodworm) membuat makanan kayu dan merusaknya. Biasanya, serangga ini memiliki siklus hidup 1 tahun; Ini berarti kumbang dewasa hanya akan muncul sekali setiap tahun. Dan karena kebiasaan ini larva memiliki masa makan beberapa bulan.

True Powderpost Beetles (Lyctidae)

Identifikasi

Kumbang dewasa berukuran kecil, kurang dari 1/4 “Mereka berwarna rata dan berwarna coklat kemerahan sampai hitam. Larvanya berwarna putih, dan berwarna krem, dibentuk dengan kepala berwarna coklat tua. Larva menciptakan terowongan di kayu dan menjadi pupa.Seperti kumbang dewasa, mereka melahirkan melalui kayu, membuat debu bubuk halus yang jatuh dilantai rumah Anda dan membuat kayu Anda rusak. Bentuk lubang mereka bulat, sekitar 1 / 32-1 / 16 lubang jarum.

Makanan dan Kebiasaan

Makanan kumbang ini adalah gula, pati dan protein yang ditemukan di gubal kayu keras (bagian pinggiran kayu). Mereka menyerang kayu dengan kelembaban tinggi. Kandungan kelembaban kurang dari 6% sangat ideal untuk menjaga agar kumbang ini tidak menyerang. Di Amerika Serikat, True Powderpost Beetle adalah yang paling umum. Mereka sering ditemukan dalam struktur yang telah dibangun dari kayu yang penuh.

Area Serangan dan Kerusakan

Mereka menyerang kayu keras yang menyimpan telurnya. True Powder Powderpost Beetles berkembang biak di kayu keras mati dan kering seperti cabang-cabang yang mati dan tungkai pohon. Kehadiran mereka diabaikan sampai ditemukan di kayu yang disimpan, kasau, balok kayu, kayu jadi, dan produk mebel.

Sering kali Kumbang Powderpost (Lyctidae) memasuki kayu yang disimpan. Ini kemudian muncul sesudahnya. Barang antik kuno sering diserang oleh kumbang ini. Lantai keras seperti abu, hickory, ek, kenari dan ceri sering diserang. Kayu keras yang rusak ini memiliki gubal kaya pati.

Kerusakan yang disebabkan Kumbang True Powderpost Beetles (Lyctidae) ditandai dengan:

  • Ditemukan bubuk sangat halus di sekitar kayu, seperti tepung atau bubuk yang jatuh dari lubang permukaan. Kotoran yang ditinggalkan oleh penggerek kayu lainnya (misal rayap) biasanya mengandung pelet dan memiliki tekstur dan kecenderungan untuk tetap bersatu. Saat memeriksa kerusakan, pastikan untuk membedakan kerusakan lama dari infestasi kumbang aktif.
  • Lubang yang baru terbentuk (serbuk gergaji) berwarna terang dan jelas dalam penampilan; Lubang tua dan frass berwarna gelap.

False Powderpost Beetle (Bostrichidae)

Karena False Powderpost Beetle lebih besar dari kumbang bubuk lain, lubang keluarnya lebih besar. Lubang ini tidak mengandung frass (kotoran), tapi galerinya mengandung frass. Frass dikemas ketat, cenderung tetap bersatu.

kumbang dewasa berukuran 1/8 sampai 1 inci, silindris, dan coklat kemerahan sampai hitam. Orang-orang dewasa masuk ke dalam kayu untuk bertelur, meninggalkan lubang yang lebih besar yang 1/8 inci, biasanya di kayu kurang dari 10 tahun.

Larva itu melengkung dan berkerut. Makanan mereka tergantung pada pati di kayu, mereka lebih umum di kayu lunak, tapi bisa menyerang kayu keras. Mereka membutuhkan 6-30% kadar air di kayu, dan menyelesaikan siklus hidup rata-rata dalam satu tahun. Bayangkan jika larva kumbang bubuk ini bertahan di dalam kayu Anda selama setahun? Seberapa besar kerusakan dan bubuk yang dihasilkan? Bayangkan jika kayu Anda tidak diawetkan dengan benar!

Sebagian besar kayu keras yang diserang bukan yang biasa ditemukan untuk lantai interior, kayu atau trim. Sebagian besar spesies ini tidak kembali menyerap kayu setelah diobati, sehingga kerusakannya terbatas pada yang ditimbulkan oleh satu generasi. Namun kecepatan kerusakan bisa sangat besar.

Mereka sering ditemukan di kayu ek, kayu bakar dan perabotan.

Kumbang Deathwatch

Kumbang deathwatch dewasa, Xestobium rufovillosum, panjangnya 1 / 4- sampai 3/8 inci dan berwarna abu-abu coklat dengan potongan rambut pucat di bagian belakang bodi.

Kumbang penyebab kayu bubukan ini tidak memiliki deretan lubang pada penutup sayap dan antena 11 segmennya berakhir di tiga segmen memanjang sepanjang lima segmen sebelumnya. Larva membentuk terowongan di kayu lunak dan kayu keras. Mereka membutuhkan kadar air 13-30%.

Lubang yang dibuat mereka bulat, 1/16-1 / 8 inci. Mereka bisa mencerna selulosa dari kayu. Mereka cenderung ke kayu lunak, karena alasan ini mereka biasa ditemukan di ruang rumah dan ruang bawah tanah yang menggunakan kayu pinus sebagai kayu framing, kusen atau mebel. Mereka biasanya berada di area ruang merangkak yang berventilasi buruk dan sangat lembab.

Kumbang Furniture

Kumbang furnitur dewasa muncul di musim semi dari sel-sel di bawah permukaan kayu yang terinfestasi. Segera setelah itu, kawin terjadi, dan peletakan telur dimulai. Betina meletakkan 20-60 telur lubang di kayu. Telur menetas dalam enam sampai 10 hari. Larva tersebut memakan waktu sekitar satu tahun di dalam kayu memakan kayu Anda dan membuat kayu bubukan.

Kandungan kelembaban kayu yang dibutuhkan untuk pengembangan larva adalah 13-30%. Saat perkembangan selesai, kumbang dewasa langsung ke permukaan kayu, muncul melalui lubang bulat berdiameter 1/16 sampai 1/8 inci. Pembangunan di bawah kondisi ideal bisa selesai dalam satu tahun; Namun, dua sampai tiga tahun lebih sering terjadi. Orang dewasa aktif di malam hari. Beberapa spesies tertarik pada cahaya.

Kumbang ini biasanya menempati gubal kayu keras dan kayu lunak. Mereka menyerang kayu struktural, kayu balok, lemari, dan perabotan. Kumbang ini biasanya bisa datang kembali, dan betina biasanya bertelur di kayu tempat mereka muncul. Larva biasanya mengikuti butir kayu saat makan di terowongan mereka.

Tentukan apakah infestasi aktif sebelum memulai pengobatan. Kayu dalam struktur dan furnitur yang dipenuhi oleh kumbang ini mungkin tidak diketahui sampai timbulnya lubang besar yang muncul di permukaan. Kotoran yang ditimbulkan berguna dalam menentukan spesies apa yang memakan kayu. Kayu yang terendam bisa dilepas dan diganti dengan kayu yang dirawat. Mengurangi kadar air kayu menjadi sekitar 12% memperlambat perkembangan larva.

Permukaan kayu yang tidak dicat atau tidak dilindungi dapat diobati, dan disuntikkan dengan Insektisida seperti BioCide Insecticide yang dapat mudah dibeli secara online. Cara membasmi bubuk kayu menggunakan BioCide Insecticide adalah cara terbaik mengusir segala jenis kumbang kayu dan membuat mebel atau kayu Anda aman.

Produk ini membunuh larva yang dan mencegah serangan kembali saat telur menetas dan larva yang belum matang mulai menembus kayu. Namun, cara yang paling efektif untuk menghilangkan infestasi kumbang bubuk ini adalah dengan pengawetan kayu sebelum kayu dikontruksi.

Kumbang bertanduk panjang (Famili Cerambycidae)

Sebagian besar perwakilan keluarga ini menempati dan memakan pohon mati. Namun ada banyak yang memakan pohon hidup. Ada beberapa spesies ini yang memulai perkembangannya di pohon-pohon yang sekarat, kayu gelondongan, atau kayu yang tidak diobat menggunakan pengawet kayu anti kumbang bubuk.

Sumber makanan kumbang ini di dalam rumah adalah kayu bakar yang dibawa ke dalam rumah. Penampakan kumbang ini dapat menyebabkan anggapan palsu tentang serangan struktural. Kayu bakar yang dibawa masuk harus segera digunakan setelah dibawa masuk.

Kumbang ini bertelur di celah atau celah di kulit kayu atau di permukaan kayu gergajian kasar. Larva tersebut adalah penggerek kayu.

Larva dewasa berukuran besar, bervariasi dari 1/2 sampai 3-4 inci. Tubuhnya panjang dan sempit dan berwarna light cream. Bagian belakang kepala sebagian ditarik ke dalam tubuh sehingga hanya mulut rahim dan mulut lainnya yang mudah dilihat.

Kumbang dewasa bervariasi dalam ukuran dari 1/2 inci sampai 3 inci panjang. Mereka dapat dengan mudah dibedakan dari kumbang lain dengan antena panjang dan tipis yang mungkin lebih panjang dari pada tubuh; maka kumbang dewasa disebut kumbang bertanduk panjang.

Old House Borer (dari keluarga Cerambycidae)

The Old House Borer adalah salah satu yang paling umum dari keluarga ini, dengan larva itu meluncur keluar galeri di kayu lunak musiman (pinus). Ditemukan di bangunan tua, tapi lebih sering ditemukan di bangunan baru, (di rumah kurang dari 10 tahun).

Kumbang dewasa berwarna hitam kecoklatan sampai hitam, sedikit pipih dan panjangnya sekitar 3 / 4-1 inci.

Siklus hidup penggerek rumah tua ini berkisar antara tiga sampai dua belas tahun. Karena kumbang ini memiliki siklus hidup yang sangat panjang, bisa jadi kumbang ini memakan rumah Anda selama 12 belas tahun. Susah ditemukan karena bertahun-tahun  di dalam kayu, sebelum kerusakan struktural serius dikenali.

Lubang keluar kumbang dewasa yang muncul tidak terjadi dalam jumlah sangat besar,  ia terbentuk selama beberapa tahun. Hal ini bersamaan dengan fakta bahwa larva akan melakukan pemberian makanan yang ekstensif tanpa menembus permukaan kayu, perlu untuk memeriksa kayu yang sangat rusak dengan sangat hati-hati untuk mendeteksi kerusakan perusak rumah tua ini.

Kayu kasar yang diperiksa harus diselidiki atau dipukul untuk mendeteksi kelemahan atau adanya debu yang disebabkan kumbang pengebor. Jika lubang keluar ada, mereka akan berbentuk oval dan berdiameter sekitar 1/4-3 / 8 inci.

Bila kayu telah dipenuhi jamur, perkembangan larva lebih cepat. Bubuk (frass) mereka di terowongan itu seperti serbuk gergaji, dikemas rapat.

Penutup

Apakah Anda sudah bisa membayangkan bahaya jenis-jenis kumbang kayu di atas? Apakah Anda sudah membayangkan bagaimana kerusakan yang akan terjadi pada kayu balok, atau kayu mebel/perabotan Anda? Kumbang penyebab kayu bubukan bisa bertahan sampai bertahun-tahun di dalam kayu, merusak kayu Anda dari dalam hingga lapuk, bahkan memungkinkan sekali merobohkan rumah. Oleh karena itu cara membasmi bubuk kayu seperti yang telah ditunjukkan di awal sangat penting dilakukan. Terutama pemberian obat pengawet kayu anti kumbang bubuk pada kayu. Dengan perawatan tersebut, seperti perawatan menggunakan BioCide Insecticide akan melindungi kayu dari serangan, dan membuat kayu awet dan tidak bubukan.

SHARE

Leave a Reply