Cara Mengawetkan Kayu dengan Spray System

Cara mengawetkan kayu dengan spray system adalah salah satu cara yang biasa dilgunakan pada industri-industri pengolahan kayu. Sebagaimana cara pengawetan kayu lainnya, terdapat kekurangan dan kelebihan pada metode ini.

Treatment pengawetan kayu bertujuan untuk melindungi kayu dari penurunan atau degradasi kualitas. Biasanya treatment seperti ini digunakan pada berbagai industri pengolahan kayu. Proses pengawetannya sendiri melibatkan beragam bahan yang biasanya terdiri dari anti organisme seperti anti serangga dan anti jamur. Selain itu, juga terdapat beragam cara yang bisa ditempuh.

Salah satu cara yang dikenal dalam treatment pengawetan kayu adalah aplikasi bahan pengawet dengan cara disemprot atai di-spray. Cara mengawetkan kayu dengan spray system umumnya digunakan untuk mengawetkan kayu dalam jumlah yang tidak terlalu besar. Cara ini tergolong simpel dibanding cara lainnya seperti cara mengawetkan kayu dengan perendaman. Pada cara ini, hanya diperlukan spraying atau penyemprotan larutan pengawet pada kayu yang akan diawetkan. Berikut ini adalah keuntungan cara mengawetkan kayu menggunakan spray system:

  1. Dana yang dikeluarkan tidak begitu besar dibanding aplikasi dengan sistem vakum tekan atau perendaman.
  2. Lebih praktis dan efisien digunakan bila kayu yang harus diawetkan tidak begitu banyak.

Sedangkan kekurangan sistem spray adalah:

  1. Penetrasi larutan pengawet yang kurang mendalam karena larutan hanya disemprotkan dan dibiarkan meresap sendiri dalam substrat Dengan kata lain, proteksi yang diberikan pun tidak maksimal.
  2. Kurang efektif dan efisien bila kayu yang harus diawetkan berjumlah

Poin pertama kekurangan cara mengawetkan kayu dengan sistem spray sebenarnya bisa diatasi dengan melakukan penyemprotan lebih dari satu kali. Dengan demikian, akan lebih banyak larutan pengawet yang masuk dalam substart kayu. Usahakan pula untuk menggunakan bahan pengawet yang kualitasnya baik dan mudah dipenetrasikan dalam. Anda bisa menggunakan Permethrine 125 EC untuk anti serangga dan Rochima untuk anti jamur, bakteri, dan lumut. Kedua bahan tersebut akan melindungi kayu Anda dengan baik namun efeknya pada manusia relatif aman.

 

alterntif text
Cara Mengawetkan Kayu dengan Spray System

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply