Awas Bahaya Mengawetkan Kayu Karet dengan Borax!

Bahan borax pada masa lalu hingga saat ini sering digunakan sebagai obat pengawetan kayu, tak terkecuali kayu karet. Tapi benarkah cara mengawetkan kayu karet dengan borax ini sudah tepat?

Terdapat sangat banyak jenis kayu di Indonesia. Hal ini merupakan satu hal yang patut disyukuri sebagai warga yang bisa tinggal di negeri ini. Meski demikian, perlu dipahami bahwa tidak semua kayu bisa digunakan. Kayu sebagai massa kaya selulosa yang dihasilkan pohon memiliki karakteristik yang berlainan. Ada kayu yang sangat baik, namun ada juga yang sangat buruk.

Misalnya saja kayu pohon buah. Kebanyakan pohon buah tidak bisa menghasilkan kayu yang baik. Hanya kayu buah tertentu yang kualitasnya sangat bagus seperti kayu nangka. Yang lainnya memiliki karakteristik kurang baik. Meski, ada juga yang kualitasnya kurang baik namun ternyata estetikanya menarik seperti kayu manga.

Nah, bicara mengenai beragamnya kayu di Indonesia ini, kita juga mengenal kayu karet. Seperti apa ya kayu karet ini?

Mengenal Kayu Karet

cara mengawetkan kayu karet dengan borax

Salah satu fungsi paling umum pohon karet yang ditemukan manusia adalah getahnya yang digunakan sebagai bahan baku berbagai produk. Di luar itu, pohon karet juga diambil kayunya untuk diserap pada industri pengolahan kayu, utamanya industri peralatan makan. Beragam produk seperti top table, talenan, hingga gagang pisau banyak memanfaatkan kayu ini. Bisa kita katakan bahwa pemanfaatan kayu karet harus dilakukan hati-hati karena penggunaannya sebagai bahan baku alat yang dekat dengan makanan.

Salah satu persoalan yang harus dibahas terkait hal ini adalah penggunaan obat pengawet kayu karet. Harus dipastikan bahan obat pengawet kayu karet ini tidak berdampak buruk terhadap fungsionalitas rubberwood sebagai bahan baku peralatan dapur tersebut.

Menilik Cara Mengawetkan Kayu Karet dengan Borax

Borax sebagai obat yang sering dimanfaatkan untuk mengawetkan kayu karet pun harus diperhatikan. Apakah bahan ini aman digunakan pada material seperti kayu karet?

Kenyataannya tidak demikian. Berhati-hatilah. Sebab, borax memiliki dampak negatif, antara lain:

  1. Menyebabkan pusing hingga pingsan
  2. Merusak sistem syaraf pusat dan gangguan otak
  3. Menimbulkan gangguan organ dalam
  4. Menyebabkan anuria
  5. Menyebabkan demam
  6. Gangguan perilaku seperti lebih depresif, apatis, dan sianosis
  7. Menurunkan tekanan darah
  8. Menyebabkan koma hingga kematian

Sebenarnya, borax dalam beberapa hal justru diperlukan oleh tubuh. Tetapi belum ada jaminan berapa takaran borax yang pas sebelum bahan ini menjadi racun bagi kesehatan kita. Oleh karena itulah, bahan ini banyak dilarang berbagai industri termasuk industri pengolahan kayu.

Pengawetan Kayu Karet Alternatif Masih Bisa Diandalkan

Menyadari kondisi tersebut, akan lebih baik bagi kita apabila menerapkan alternatif pengganti cara mengawetkan kayu karet dengan borax. Tenang! Banyak metode lain dengan bahan lain yang bisa diaplikasikan. Kuncinya adalah terbuka pada teknologi baru yang terus berkembang.

Pertama, Pengawetan pada Alat Makan Memang Riskan

Hal pertama yang harus dipahami, pengawetan untuk alat makan memang sangat amat riskan. Perlu dipahami bahwa pengawetan kayu secara modern pada prinsipnya dilakukan dengan meresapkan zat pengawet pada kayu. Zat pengawet pasti memiliki sifat toksik karena menarget hama yang memakannya. Misal, fungisida (antijamur), insektisida (antiserangga), dan lainnya.

Zat-zat pengawet ini diresapkan sehingga kayu tidak dimakan hama, dus masa pakainya lebih lama. Hal ini terbukti efektif sehingga kayu sengon yang masa pakainya pendek pun bisa bertahan sampai puluhan tahun.

Ya, di satu sisi, proses pengawetan memberikan hasil yang menakjubkan. Akan tetapi, di sisi lain, treatment pengawetan tidak direkomendasikan pada kayu untuk alat makan. Segala hal mengenai alat makan harus bersifat food grade. Artinya, ketika kontak dengan makanan atau kegiatan konsumsi kita, tidak boleh ada satupun hal yang membahayakan. Makanya, pengawetan pada alat makan sulit untuk dijalankan sebab pengawetan modern sudah pasti melibatkan zat kimia toksik (yang aman digunakan untuk industry mebel hingga kerajinan, tapi tidak untuk alat makan).

Bagaimana dengan pengawetan kayu secara tradisional? Mungkin sebagain dari Anda bertanya demikian.

Mengawetkan kayu karet secara tradisional pun punya kekurangan besar seperti cara mengawetkan kayu karet dengan borax atau metode modern yang lain. Pengawetan secara tradisional membutuhkan waktu bulanan hingga tahunan dengan hasil yang tidak pasti. Beberapa metode juga menyebabkan kayu menjadi berbau sangat tidak enak.

Daripada Mengawetkan Kayu Karet dengan Borax, Sebaiknya Rawat dengan Poles Kayu

Untuk alat makan, kami di Antiserangga.com lebih menyarankan untuk aplikasi poles kayu untuk perawatan berkala. Poles kayu yang dipilih pun harus khusus.

Poles kayu sendiri adalah bahan yang fungsinya merawat kayu sekaligus meningkatkan keindahannya. Poles kayu terbaik untuk alat makan adalah poles kayu Beeswax dari Bio Industries. Poles tersebut mampu menghaluskan serat kayu, meningkatkan shine atau kilap pada kayu, hingga mencegah jamur tumbuh.

Bagaimana dengan Kayu Karet untuk Mebel dan Konstruksi Bangunan?

Untuk rubber wood atau kayu karet, kami tetap menyarankan pengawetan untuk kebutuhan non alat makan. Meski jarang dan kualitasnya kalah dibanding beberapa kayu unggulan, kayu karet memang bisa digunakan untuk membuat beragam jenis mebel, kerajinan, sampai konstruksi bangunan.

Rubber wood umumnya dipakai untuk produk yang tidak membutuhkan ketahanan dan kualifikasi kekuatan tinggi. Misalnya sekadar untuk membuat indoor furniture dan hiasan dinding. Nah, agar awet, pada kebutuhan seperti ini, zat kimia antihama bisa diresapkan. Anda tak perlu khawatir mengenai keamanannya asal bisa memilih bahan pengawet yang aman.

Ingin lebih aman lagi? Bisa. Aplikasikan cat pada kayu yang diawetkan. Jadi, kontak dengan produk kayu yang sudah diawetkan tidak akan terjadi secara langsung karena terhalang lapisan film cat.

Bahaya Mengawetkan Kayu Karet dengan Borax Tetap Perlu Diwaspadai?

Borax untuk mengawetkan kayu karet yang akan dibuat menjadi beragam mebel, konstruksi, hingga kerajinan bisa saja digunakan. Dan tingkat keamanannya secara umum baik. Namun bagaimana dari segi hasilnya?

Keberhasilan treatment pengawetan dipengaruhi berbagai hal. Pengawetan yang baik bukan hanya pengawetan yang aman, namun juga harus efektif, tahan lama, dan mudah diterapkan.

Saran kami, untuk hasil pengawetan yang baik, gunakanlah BioCide Insecticide.

Pengawetan dengan BioCide adalah Jawabannya

Cara mengawetkan kayu dengan BioCide Insecticide memang lebih kami rekomendasikan dibanding mengawetkan kayu karet dengan borax. BioCide Insecticide adalah insektisida dengan bahan aktif cypermethrin 100 EC. Produk ini memiliki sangat banyak keunggulan seperti:

  1. Sangat efektif, karena target hama tidak akan merusak kayu yang sudah diawetkan dengan bahan ini
  2. Konsentrasi yang tinggi sehingga sangat hemat untuk dilakukan. Hal ini juga membuatnya cocok untuk kebtuhan usaha Anda.
  3. Retensi yang baik atau tahan lama. BioCide Insecticide mampu melindung kayu hingga berpuluh tahun.
  4. Tidak menyebabkan karat
  5. Menggunakan pelarut air sehingga lebih aman digunakan
  6. Penetrasi yang baik sehingga metode aplikasi lebih cepat dan mudah
  7. Harga yang terjangkau

Keuntungan BioCide sebagai Preservasi Berbasis Air

Seperti disebut di atas, BioCide Inseticide adalah pengawet berbasis air. Pengawet ini bisa melindungi kayu dari berbagai serangan hama mulai dari rayap sampai kutu bubuk. Kelebihan lain BioCide dibanding cara mengawetkan kayu karet dengan borax dan bahan lainnya adalah karena kombinasi keamanan yang baik namun efektivitasnya yang memukau. Dan, sebagai pengawet air, BioCide tidak menyebabkan berbagai masalah seperti solvent based insecticide atau insektisida solvent based.

Tahukah Anda bahwa solvent based insecticide cenderung membuat kayu berbau tajam? Solvent based preservative juga menyebabkan bau dan membuat kayu jadi sulit dicat. Adapun, BioCide Insecticide yang menggunakan pelarut air tidak akan menyebabkan masalah-masalah tersebut. Penggunaan air juga membuat insektisida ini lebih aman digunakan.

Kontak dan Pemesanan BioCide Insecticide

Cara mengawetkan kayu karet dengan borax bisa saja dilakukan. Namun kami tetap lebih menyarankan BioCide Insecticide karena hasilnya yang sangat bagus. Nah, bagi Anda yang tak sabar lagi untuk membeli insektisida ini, Anda bias menghubungi kami via kontak CS yang tertera. Anda bisa membeli produk ini secara online dengan panduan dari CS yang ramah dan juga profesional. Selain itu, pembelian juga bisa dilakukan secara langsung di Bio Servcie Point yang berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan juga Cirebon.

Ingin sekadar bertanya tentang produk kami dulu? Ingin melakukan kerja sama lebih? Tak mengapa. Kontak CS kami pun selalu tersedia bagi Anda. Jadi jangan sungkan untuk mampir ke Bio Service Point atau sekadar menghubungi kami via kontak Customer Service, ya.

Nah kurang lebih, itulah informasi yang bisa kami bagikan. Pada akhirnya cara mengawetkan kayu karet dengan borax pun bisa dilakukan. Tapi pengawetan terbaik tetaplah dengan BioCide Insecticide. BioCide Insecticide bukan hanya aman tapi juga sangat efektif! Untuk pengawetan alat makan sendiri, kami tidak menyarankannya. Daripada menggunakan preservative, sebaiknya alat makan dari kayu dirawat secara berkala menggunakan poles kayu Beeswax dari Bio Industries.

Semoga informasi ini bermanfaat ya. Nantikan terus berbagai informasi menarik lainnya di sini.

Leave a Comment