Satu Langkah untuk Kesuksesan: Aplikasi Pengawetan Kerajinan Pelepah Pisang!

Lakukan pengawetan kerajinan pelepah pisang untuk kesuksesan lebih besar!

Siapa tak kenal dengan pisang? Buah pisang bukan hanya lezat tapi juga terdiri dari banyak varietas. Sampai saat ini saja, sudah ada ratusan varietas pisang dengan rasa yang berbeda-beda mulai dari pisang kapok, susu, raja, dan juga ambon. Blue java banana juga mulai trending di dunia karena memiliki rasa vanilla yang lembut dan manis.

Ya, tanaman pisang memang terbukti memiliki guna besar dalam kehidupan kita. Tapi selain buahnya, tanaman ini pun sebetulnya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan yang lain.

Tanaman pisang sendiri bukan merupakan pohon. Jadi batangnya tidak bisa ditebang lalu dijadikan mebel atau lantai kayu. Pisang membentuk batang non kayu yang terdiri dari lapisan pelepah. Tapi jangan salah, justru dari pelelahnya inilah pisang bisa dimanfaatkan lebih dari sekadar buahnya. Pelepah-pelepah tersebut bisa digunakan untuk membuat aneka jenis kerajinan. Dan saat ini pun, meski belum berkembang dengan optimal, kerajinan pelepah pisang mulai menampakkan gairah yang positif.

Produk Menarik dari Kerajinan Pelepah Pisang

Ada sangat banyak produk menarik yang bisa dihasilkan dari pelepah pisang, antara lain:

1. Hiasan dan suvenir. Banyak produk kerajinan pelepah pisang yang dibuat sebagai produk hiasan dan suvenir, misalnya saja hiasan dinding, vas bunga, sampai gantungan kunci.
2. Aksesori untuk Fashion. Beberapa produk pelepah pisang digunakan untuk membuat ikat pinggang dan juga tas.
3. Elemen Furniture, misalnya saja untuk melapisi bantalan pada sofa. Meski masih jarang, tapi sudah ada beberapa yang mulai merintis produk seperti ini.
4. Taplak dan perlengkapan rumah tangga lainnya.
5. Mainan. Ya, beberapa pengrajin menggunakan pelepah pisang untuk membuat mainan. Misalnya saja boneka pelepah pisang.

Kelebihan Produk Kerajinan Pelepah Pisang

Kerajinan dari bahan pelepah pisang memiliki sangat banyak kelebihan. Berikut ini di antaranya:

eco friendly
Image: inkmedia.eu

1. Reputasi sebagai produk eco friendly. Produk dari kerajinan ini pasti akan dicap sebagai produk eco friendly. Pasalnya, saat ini sudah terlalu banyak produk sintetis yang beredar. Jadi, orang akan menganggap bahwa produk organik dari bahan alam sebagai produk yang lebih ramah lingkungan.
2. Reputasi sebagai produk kreatif. Produk ini akan dianggap sebagai produk yang dibuat oleh mereka yang kreatif. Pasalnya, belum banyak produk seperti ini yang beredar di pasaran.
3. Reputasi sebagai produk yang eksotis. Di beberapa negara seperti Eropa dan Amerika, pohon pisang jarang atau sama sekali tidak ditemukan. Pasalnya, pisang hanya bisa tumbuh dengan baik dalam iklim tropis. Karena hal inilah produk kerajinan dari pelepah pisang pasti akan dikaitkan dengan sesuatu yang eksotis. Anda bisa mendapatkan untung besar di pasar ekspor dengan reputasi seperti ini.
4. Tersedia dalam jumlah yang banyak. Pohon pisang ditanam dalam jumlah besar di Indonesia. Karenanya, suplai pelepah pisang secara umum masih sangat banyak. Malahan, sampai saat ini, pelepah pisang sama sekali belum dioptimalkan.
5. Masih jarang. Sebagaimana disebut di atas, belum banyak orang yang membuat produk kerajinan dari bahan ini. Jadi Anda pun tak perlu khawatir dengan persaingan yang terlampau ketat.
6. Harga terjangkau. Pada banyak kasus, pelepah pisang sering dianggap limbah atau sampah. Karenanya, harga dari material ini pun umumnya tidak mahal.
7. Pengolahan yang tidak sulit. Pelepah pisang secara umum mudah diolah untuk menjadi beragam produk menarik mulai dari keset, hiasan, sampai dengan ikat pinggang.

Banyak bukan kelebihan kerajinan pelepah pisang? Memerhatikan beberapa poin di atas, produk kerajinan ini sesungguhnya bukan hanya potensial unuk pasar lokal. Pasar ekspor pun bisa dijangkau dengan aneka produk kerajinan ini.

Ancaman Serangga pada Alur Produksi Kerajinan Pelepah Pisang

pengawetan kerajinan pelepah pisang

Meski memiliki potensi besar untuk diolah dan dimanfaatkan, namun pengolahan material ini juga sedikit banyak memiliki tantangan-tantangan tersendiri. Misalnya saja terkait dengan ancaman kerusakan.

Waspada kerusakan pada kerajina ini. Faktor perusak kerajinan pelepah pisang sangat beragam. Kelembaban sampai sinar matahari juga bisa menyebabkan kerusakan. Meski demikian, ancaman hama adalah sesuatu yang unik bagi semua produk organik seperti pelepah pisang.

Terbuat dari rantai karbon yang berasal dari jasad organisme, material ini sangat disukai organisme sebagai sumber makanan sampai habitat. Hal yang sama jelas tak berlaku pada material buatan manusia (sintetis) seperti plastik.
Ancaman hama pada kerajinan pelepah pisang begitu intens dari mulai dipanennya bahan itu hingga difinishnya material tersebut. Jenis hama yang menyerang sendiri bisa dibedakan menjadi dua macam, yakni jamur dan serangga.

Jamur sebagai ancaman industri pelepah pisang dapat menyerang bahan tersebut sejak pelepah diambil dari tanaman pisangt. Hal ini terutama disebabkan sifat pelepah yang basah.

Bahkan setelah dikeringkan sekalipun, ancaman jamur tetap terus mengintai karena material pelepah pisang yang mudah menyerap kelembaban sehingga meningkatkan resiko tumbuhnya jamur.
Ancaman serangga sendiri –meski tak seintens jamur- juga tak bisa disepelekan bahayanya. Salah satu spesies serangga yang harus diwaspadai adalah kutu. Kutu atau bugs memang merupakan hama yang tipikal ditemukan di berbagai industri kerajinan serat alam.

Beberapa jenis serangga lain yang kerap menjadi masalah pada pelepah pisang baik yang sudah dikeringkan adalah semut dan rayap. Serangga ini sering menjadikan pelepah sebagai sumber makanan atau sebagai tempat bersarang. Antisipasi jelas perlu dilakukan dengan:

1. Mengeringkan pelepah dengan benar dan sesegera mungkin
2. Membersihkan dan merawat area tempat penyimpanan pelepah. Tempat penyimanan sering menjadi sumber masalah pada kualitas pelepah.
3. Mengawetkan pelepah pisang dengan obat anti hama. Untuk mengantisipasi serangan serangga hama, terapkan pengawetan dengan BioCide Insecticide.

Pengawetan Kerajinan Pelepah Pisang?

Untuk membuat kayu lebih indah, Anda bisa melakukan proses finishing. Untuk membuat kerajinan pelepah pisang lebih awet, Anda bisa mengaplikasikan treatment pengawetan pada kerajinan tersebut.

Apa sebenarnya pengawetan kerajinan pelepah pisang dan mengapa treatment ini demikian krusial untuk membuat kerajinan yang dihasilkan lebih tahan lama?

Temukan penjelasannya di bawah ini.

pengawetan kerajinan pelepah pisang

Pengertian Pengawetan Kerajinan Pelepah Pisang

Seperti yang dapat kita simpulkan dari namanya, yang dimaksud dengan pengawetan kerajinan pelepah pisang adalah sebuah usaha untuk membuat material tersebut lebih awet. Keawetan ini terutama dimanifestasikan dengan usaha untuk meningkatkan ketahanannya pada berbagai jenis hama.

 

Dua Alasan Pentingnya Pengawetan Kerajinan Pelepah Pisang

Untuk meningkatkan ketahanan kerajinan pelepah pisang, seperti telah dijelaskan di atas, karena fungsi proses pengawetan adalah membuat pelepah pisang menjadi beracun bagi hama, maka secara otomatis produk tersebut bisa bertahan lebih lama.

Keindahan kerajinan pelepah pisang akan bertahan lebih lama dengan aplikasi pengawetan
Keindahan kerajinan pelepah pisang akan bertahan lebih lama dengan aplikasi pengawetan.

Untuk Memastikan Kelancaran Proses Produksi

Kalau fungsi pertama sebenarnya telah disinggung pada bahasan di atasnya, fungsi kedua pengawetan kerajinan pelepah pisang ini bahkan seringkali diabaikan.

Benar, selain mampu meningkatkan usia pakai kerajinan yang dihasilkan, treatment preservation juga krusial untuk memastikan proses produksi berjalan lancar.

Pemahaman ini berangkat dari kesadaran akan ancaman hama yang begitu intens mulai dari diambilnya pelepah, disimpannya material tersebut, hingga mencapai tahap finishing. Bila pelepah yang sedang diproses itu rusak diserang jamur atau serangga, jelas kita akan rugi sangat besar. Bukan saja rugi waktu dan tenaga, tetapi juga rugi biaya yang jumlahnya tak sedikit.

Karena itulah, proses pengawetan pada kerajinan pelepah pisang adalah kewajiban untuk kesuksesan yang diinginkan semua orang.

Gunakan BioCide Insecticide untuk Mengawetkan Pelepah Pisang

Antiserangga.com menyediakan produk BioCide Insecticide yang bisa Anda gunakan untuk mengawetkan pelepah pisang. Produk ini kami sarankan karena memiliki berbagai keunggulan. Pertama, bila kita lihat dari hasilnya, bahan yang diawetkan dengan BioCide Insecticide memiliki masa pakai yang lebih tahan lama. Produk pun lebih tahan terhadap berbagai jenis serangga hama dari rayap sampai kutu kayu. Kedua, bila dilihat dari metodenya, produk ini sangat mudah dan fleksibel diterapkan. Anda bisa menggunakannya dalam pengawetan sistem vakum tekan, perendaman, pencelupan, sampai sistem penguasan. Dengan kata lain, produk ini cocok untuk industri kerajinan pelepah pisang skala besar maupun skala kecil.

BIOCIDE INSECTICIDEKeungglan lain BioCide Insecticide terletak pada sifatnya yang lebih aman dan juga ramah lingkungan.

Cara Menggunakan BioCide untuk Mengawetkan Pelepah Pisang

Pengawetan pelepah pisang dengan BioCide bisa dilakukan dengan beberapa cara, antara lain:

1. Merendam pelepah pada larutan BioCide Insecticide
2. Menguaskan larutan BioCide Insecticide pada pelepah
3. Mencelupkan pelepah pisang pada larutan BioCide Insecticide

Cara Membeli BioCide Insecticide

Ayo, segera beli BioCide! Kami di antiserangga.com menyediakan produk BioCide Insecticide untuk Anda pesan. Cara pembeliannya juga sangat mudah lho. Anda bisa mengunjungi kami di Bio Service Point yang berlokasi di Jogjakarta, Cirebon, dan juga Jepara. Di sana, Anda bisa bertemu langsung dengan CS kami serta menengok produk kami yang lain mulai dari cat sampai lem kayu.

Nah, bagi Anda yang lokasinya jauh dari Bio Service Point, pembelian secara online bisa dilakukan. Pembelian secara online dapat dilakukan dengan menghubungi kami lewat kontak yang disediakan. Nantinya, Anda akan dipandu oleh Customer Service kami yang sangat ranah dan juga profesional. Anda juga bisa melakukan pembelian online di berbagai marketplace seperti tokopedia dan bukalapak.

Nah, kiranya inilah yang bisa kami bagikan. Kerajinan pelepah pisang merupakan salah satu kerajinan yang prospeknya menjanjikan. Berbagai produk bisa dihasilkan dari industri kerajinan ini mulai dari berbagai fashion item sampai bahan untuk membuat mebel. Di Indonesia, di mana tanaman pisang banyak ditemukan, potensi industri ini sayangnya belum optimal sama sekali. Padahal dengan pengolahan yang baik, keuntungan berlipat bisa dinikmati. Misalnya, mengingat bahan pelepah sering diserang kutu (bugs) dan jamur, pengolahannya perlu disertai dengan treatment pengawetan. Dengan treatment pengawetan, produk kerajinan pun akan jadi tahan lama.

Semoga bermanfaat ya. Nantikan terus berbagai informasi menarik lainnya di antiserangga.com.

Leave a Comment